Denpasar (Antara Bali) - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta menghadiri ritual "Melaspas" Pura Tambak Lingsir Pengulon yang terletak di Rumah Sakit Bali Mandara, di kawasan Sanur, Kota Denpasar.

"Dengan upacara ini, kita mohonkan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan) agar senantiasa memberikan perlindungan dan keselamatan pada seluruh bangunan yang ada di rumah sakit ini, sehingga mereka yang akan menempati dan memanfaatkan bangungan tersebut terhindar dari segala hal negatif dan diberi anugerah keselamatan serta kerahayuan," kata Sudikerta di sela-sela ritual tersebut, di Sanur, Denpasar, Sabtu.

Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan upacara yang dilaksanakan bertepatan dengan hari suci Purnama Kasa.

Pelaksanaan upacara sendiri, tambah Sudikerta, memiliki fungsi untuk membersihkan dan menyucikan bangunan baru secara niskala (rohani) sebelum digunakan.

Upacara ini bertujuan membersihkan seluruh areal rumah sakit yang berstandar internasional itu sehingga nantinya akan tercipta ketenangan dan kedamaian baik bagi jajaran RSUD Bali Mandara maupun bagi masyarakat yang nantinya datang untuk berobat.

Selain itu, dalam upacara yang turut dihadiri Sekda Provinsi Bali Cok Pemayun serta Kepala OPD di lingkungan Pemprov Bali, Sudikerta juga mengajak jajaran RSUD Bali Mandara untuk bekerja bersama-sama melakukan persiapan yang matang.

RS yang direncanakan beroperasinya secara resmi pada 14 Agustus mendatang, diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat agar bisa benar-benar optimal.

Sementara itu, Plt Direktur RS Bali Mandara dr Gede Bagus Darmayasa mengatakan upacara ini bertujuan untuk menetralisir kekuatan alam yang dapat mengganggu sehingga akan memberikan kedamaian dan perlindungan bagi kesejahteraan kita semua.

"Pembersihan alam sekitar secara niskala ini juga bertujuan untuk memohon kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar senantiasa kehidupan kita sebagai umat manusia mendapatkan kehidupan yang baik dan sejahtera secara sekala dan niskala," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wagub Bali juga berkesempatan melakukan ritual "Mendem Pedagingan" di Pelinggih Padmasana Pura.

Selain dilaksanakan prosesi Melaspas, dalam kesempatan itu juga dilaksanakan ritual Pecaruan Manca Kelud, Mendem Pedagingan, dan Pedudusan Alit yang dipuput (dipimpin) Ida Pedanda Gede Made Jelantik dan Ida Pedanda Ketut Putra Kawan dari Griya Karang Budakeling Karangasem. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017