Mangupura (Antara Bali) - Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta mendorong kelompok pemuda atau Sekaa Truna daerah setempat agar berperan aktif dalam melestarikan seni dan budaya asli Pulau Dewata di wilayahnya.

"Sekaa truna harus menjadi garda terdepan dalam upaya ini, karena pemuda ini akan menjadi penerus bangsa dan mendukung pelestarian seni dan budaya ini," ujar Giri Prasta dalam sambutan singkatnya saat menghadiri perayaan HUT ke-32 Sekaa Truna Bhina Karya di Banjar Pererenan Kecamatan Mengwi, Minggu.

Kehadiran Giri Prasta dalam acara itu, diharapkan mampu menggugah Sekaa Truna untuk mendukung pelestarian seni dan budaya ini, karena telah menjadi Program Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) di daerah setempat.

Untuk itu Giri Prasta mengajak Sekaa Teruna Bhina Karya berperan aktif memajukan pembangunan di Banjar, desa maupun di Kabupaten Badung dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan positif.

"Lima sekala prioritas pembangunan kami ke depannya yakni pangan, sandang dan papan, kesehatan dan pendidikan, agama adat dan budaya jaminan sosial dan tenaga kerja serta pariwisata," ujarnya.

Khusus untuk masyarakat Pererenan, bupati akan membantu perbaikan wantilan Pura Dalem Desa Adat Pererenan dan membantu STT Bhina Karya seperangkat gambelan angklung.

Selain itu, mantan ketua DPRD Badung ini juga berkomitmen memperhatikan pelaku seni, seniman di Badung dengan membangun panggung budaya di Puspem untuk tempat pertunjukan pelaku seni, seniman terbaik di Badung.

"Ke depannya, saya mengambil kebijakan untuk menuntaskan pembangunan Pura Khayangan Tiga di seluruh desa adat mulai tahun 2018," ujarnya.

Pada puncak acara tersebut Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menyerahkan sumbangan sukarela atau punia Rp12 juta kepada Sekaa Teruna Bhina Karya.

Ketua STT Bhina Karya Putu Yudhi Stiawan melaporkan jumlah STT Bhina Karya sebanyak 122 orang terdiri dari 77 laki laki dan 55 perempuan.

"Dalam melaksanakan hut ke-32 dilaksanakan berbagai kegiatan di antaranya jalan santai keliling desa adat Pererenan, gotong royong kebersihan di sekitar banjar lingkungan Jempinis dan bersih-bersih di areal pura khayangan tiga," ujarnya.

Dalam acara itu, Bupati Badung didampingi anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, Camat Mengwi I.G.N Gede Jaya Saputra, Pelaksana Harian Perbekel Pererenan Ketut Gede Sasmita, Bendesa Adat Pererenen Ketut Sukerasena, Kelian Dinas se-Desa Pererenan dan tokoh masyarakat. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017