Denpasar (Antara Bali) - Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana mendorong program pertanian terintegrasi sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan para petani di daerah itu.

"Selama ini para petani kami berada dalam taraf ekonomi menengah ke bawah karena kurangnya pemahaman mengenai teknologi pertanian yang mumpuni," kata Bupati Agus Suradnyana, di Denpasar, Selasa.

Menurut dia, program pertanian terintegrasi memerlukan sinergitas antara para petani, sistem pertanian modern dan juga keberpihakan pemerintah.

Dalam hal pengembangan teknologi pertanian, ungkap Agus, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan melibatkan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan).

"Kerja sama dengan BATAN dalam hal pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi nuklir dalam hal pengembangan pertanian di wilayah Bali Utara nantinya," tutur Agus.

Suradnyana menjelaskan radiasi gamma sangat cocok dengan kondisi pertanian di kabupaten dengan dominasi lahan pertanian terbesar di Pulau Dewata itu.

Radiasi gamma, kata dia, juga banyak manfaatnya mulai dari menciptakan bibit yang baik sampai menghilangkan penyakit pada tanaman.

"Kedepan kami terus mendorong berbagai program peningkatan kesejahteraan petani karena memang sebagian besar lahan di Buleleng merupakan wilayah pertanian," demikian Bupati Agus. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017