Mangupura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, menggelar lomba pidato kebangsaan untuk membangkitkan semangat generasi muda guna mengenang jasa Proklamator, Ir Sukarno dan lahirnya Pancasila.

"Kami mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini sekaligus memperingati Hari Lahir Pancasila dan bulan bung Karno dengan mengisi kegiatan positif untuk para pemuda," ujar Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta di Mangupura, Kamis.

Upaya ini untuk memperteguh jati diri bangsa khusunya anak muda, agar menghargai dan mengenang semua jasa para pendiri bangsa ini, agar ke depannya para pemuda dapat bangkit dan berbenah.

"Membangkitkan memori politik bung Karno ini harus timbul dari ide, gagasan, pemikiran dan cita cita bung Karno agar menjadikan indonesia mandiri. Hal ini yang perlu ditananamkan sebaik mungkin," ujarnya.

Menurut dia, Pancasila merupakan idiologi Indonesia selamanya, itulah maka agar dapat membangkitkan diri sebagai wujud implementasi dari pada Pancasila itu sendiri.

"Maka sekali lagi kami memberikan dukungan sepenuhnya kepada anak anak dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK yang dapat mengikuti lomba hari ini," ujarnya.

Sementara itu, Ketua panitia acara Wayan Sandra melaporkan kegiatan ini terselenggara sebagai bentuk wujud bakti, mensyukuri hari lahirnya Pancasila pada 1 Juni yang sudah dilaksanakan secara resmi melalui upacara bendera.

"Ini merupakan agenda dan kegiatan yang kuat untuk membumikan ide, gagasan, pemikiran dan cita-cita bung karno," ujarnya.

Dengan mengambil tema "Pancasila jiwa dan kepribadian bangsa membangkitkan memori kolektif bung karno bapak bangsa", maka sejarah perjuangan Bung Karno sangat panjang, yang berhasil memproklamasikan bangsa indonesia menjadi bangsa yang mardeka dan berdaulat.

"Bung karno juga mewarisi pemikiran yang sangat fundamental yaitu tri sakti dan juga penggali dasar negara pancasila, ini tentunya menjadi pondasi dan arah tujuan kita dalam membangun Badung untuk menjadikan masyarakat badung yang sejahtera, aman dan damai," ujarnya.

Ia mengharapkan, melalui kegiatan ini dapat menjadi tradisi kebangsaan yang berkelanjutan bagi kita dari generasi ke generasi.

Dalam membumikan ide, gagasan, pemikiran, dan cita-cita bung karno, dilaksanakan kegiatan antara lain lomba pidato tingkat SD, SMP, SMA/SMK se kab badung.

kemudian, Lomba foto selfie Bung Karno bagi undangan atau peserta yang hadir dan pembagian foto dinding bergambar Bung Karno dengan pilihan kata-kata mutiara sebanyak 1000 buah di sekolah sekolah di Badung.

"Semoga terlaksananya acara ini dapat memperteguh komitmen menjadi Pancasila sebagai jiwa dan kepribadian bangsa dan membumikan ajaran bapak bangsa," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Made Surya


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017