Amlapura (Antara Bali) - Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta meminta agar pelayanan kesehatan di daerah kantong-kantong kemiskinan dan jauh dari pusat pelayanan kesehatan terus ditingkatkan.

"Safari kesehatan ini juga dilaksanakan guna memenuhi pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan, terutama kepada masyarakat miskin maupun para lansia yang karena faktor usia sudah mengalami penurunan kesehatan," kata Sudikerta saat meninjau pelaksanaan Safari Kesehatan di Desa Tianyar Barat dan Tianyar Tengah, Amlapura, Karangasem, Jumat.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, yakni mengarahkan masyarakat untuk mengubah perilaku hidup yang tidak sehat menjadi perilaku hidup sehat.

Tidak ketinggalan, pada kesempatan tersebut Sudikerta juga menyosialisasikan integrasi program Jaminan Kesehatan Bali Mandara ke Jaminan Kesehatan Nasional, sehingga diharapkan warga yang berhak mendapatkan pelayanan JKN namun belum memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) bisa didata ulang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Tim safari kesehatan Pemprov Bali yang menyasar dua desa tersebut disambut dengan sangat antusias oleh masyarakat. Selain dilaksanakan pelayanan pemeriksaan kesehatan secara gratis, juga dilaksanakan pasar murah kerja sama dengan Disperindag Provinsi Bali.

Salah satu masyarakat Desa Tianyar Barat, Putu Gede, menyampaikan ucapan terima kasihnya atas pelaksanaan safari kesehatan di desanya. Dia berharap pelayanan kesehatan di RS Pratama Desa Tianyar dapat ditingkatkan lagi.

Hal ini berdasarkan pengalamannya ketika mengantar berobat istrinya yang sedang hamil, dia belum bisa menggunakan kartu JKN untuk berobat dan pelayanan yang diterimanya belum maksimal.

Menanggapi hal itu, Sudikerta meminta jajaran Dinas Kesehatan untuk memberikan pelayanan lebih bagus lagi dan merata untuk menyehatkan masyarakat.

Petugas pelayanan kesehatan diminta tidak pilih kasih dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Pada kesempatan tersebut, Sudikerta dibantu kepala desa setempat juga menyerahkan bantuan beras dan garam bagi masyarakat yang sudah lansia. (WDY)

Pewarta: Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017