Singaraja (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali, melalui Dinas Kebudayaan setempat terus berupaya membangkitkan kesenian khas daerah setempat guna mendukung pengembangan sektor kepariwisataan.

Kepala Dinas Kebudayaan Buleleng, Putu Tastra Wijaya, di Kota Singaraja, Rabu, mengatakan, pihaknya sebelumnya telah memverifikasi beberapa warisan kebudayaan yang kini masih terpendam dan nyaris punah.

Menurut dia, Buleleng sebagai salah satu tujuan wisata Pulau Dewata memang selama ini dikenal dengan budayanya, bukan berbagai perkembangan kepariwisataan modern.

Pariwisata budaya, kata dia, merupakan jiwa dan roh dari pariwisata Bali sehingga perlu dilakuka rekonstruksi dan pengembangan beberapa budaya seperti tari tradisional, musik dan lain sebagainya.

"Yang paling baru adalah kami telah melakukan rekonstruksi kesenian Janger Menyali. Harapan kedepan akan dibangkitkan juga beberapa kesenian lokal," kata dia.

Dikatakan pula, Disbud terus berupaya memfasilitasi pengembangan beberapa kesenian lokal Buleleng, terlebih, daerah tersebut memiliki banyak potensi budaya.

Tastra juga mengungkapkan, pihaknya terus melakukan sinergitas dengan Dinas Pariwisata setempat dalam berbagai pagelaran festival budaya.

"Dinas Kebudayaan dan Pariwisata harus terus bergandengan. Kami juga merancang program bersama seperti Buleleng Expo dan Pesta Kesenian Bali di Buleleng," ungkapnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017