Mangupura (Antara Bali) - Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta mendukung terselenggaranya kegiatan Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) dan Pekan Seni Pelajar di daerah itu yang digelar lima hari (25-30 april 2017) untuk mengembangkan talenta generasi muda.

"Pemerintah siap mendorong kegiatan positif untuk pelajar khusunya dalam pencarian bibit atlet berprestasi dan berkesenian," kata Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta di Langan Umum Mengwi, Badung, Selasa.

Ia mengatakan, pentingnya kegiatan olahraga dan berkesenian untuk pelajar ini diyakini dapat menghindari generasi muda dari hal-hal negatif.

Melalui kejuaraan Seni Pelajar ini, kata dia, sebagai bentuk pelestarian seni dan budaya seperti kegiatan "dharma santi" maupun "mesatua Bali".

"Dengan upaya ini akan mencetak generasi muda yang betul-betul mampu menjadi suri tauladan," ujarnya.

Selain dibidang seni, pihaknya juga menginginkan berkembangnya potensi atlet olahraga berprestasi mulai tingkat kecamatan.

"Kami mengharapkan, kegiatan ini sebagai momentum untuk mencari bibit-bibit atlet berkualitas yang akan kita jadikan duta Badung diajang Porjar Bali yang akan datang," ujarnya.

Sementara itu, Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Badung I Ketut Widia Astika mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya nyata untuk menumbuhkan, meningkatkan dan memberdayakan generasi muda.

"Upaya ini juga sebagai bentuk evaluasi dan mengukur hasil pembinaan dan penguasaan masing-masing sekolah dalam bidang olahraga maupun seni," ujarnya.

Untuk kegiatan Porjar dan Pekan Seni Pelajar Tingkat Provinsi Bali ini akan dilaksanakan pada 1-6 Juni 2017 di Denpasar.

"Kegiatan ini juga sebagai bentu menggali potensi anak muda untuk berkompetisi secara sehat," ujarnya.

Untuk cabang olahraga yang dipertandingkan sebanyak 22 cabang dan cabang seni yang dilombakan sebanyak 18 bidang.

Kegiatan ini diikuti Sekolah Dasar dari 6 kecamatan, SMP Negeri dan Swasta serta seluruh SMA/SMK Negeri dan Swasta di Badung dengan jumlah peserta keseluruhan 7.472 orang. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017