Singaraja (Antara Bali) - Bupati Buleleng, Bali, Putu Agus Suradnyana membuka pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) 2017 di daerah itu guna menjaring bibit atlet lokal berprestasi sejak usia muda.

Pembukaan Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Kecamatan se-Kabupaten Buleleng dihadiri oleh seluruh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Kepala OPD lingkup Pemkab Buleleng serta perwakilan atlet dari seluruh kecamatan, dipusatkan di Taman Kota Singaraja, Senin.

Bupati Putu Agus Suradnyana mengatakan, awal pembinaan atlet adalah pada kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar). Hal itu juga awal tatanan dalam perbaikan kualitas dari atlet.

Agus juga menekankan setiap kegiatan olahraga harus melibatkan atlet Buleleng. Dengan begitu pembinaan akan berjalan dengan baik dan altet dapat terus memacu diri meningkatkan kualitas yang dimilikinya.

"Bukan hanya mencari medali saja. Tapi juga olahraga mampu untuk memberikan vibrasi semangat pola hidup yang sehat serta karakter dengan mental yang kuat. Jangan sampai kita menggunakan atlet-atlet bayaran," ujarnya.

Lewat fasilitas-fasilitas olahraga yang dibangun, kata dia, Buleleng diharapkan dapat meraih prestasi yang lebih baik. Hal tersebut bisa terwujud dengan pembinaan yang bagus.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Kadisdikpora) Buleleng, Gede Suyasa menjelaskan dalam proses porjar sudah dimulai dari seleksi di tingkat kecamatan, dilaksanakan sejak beberapa hari sebelumnya.

Ia menambahkan, Disdikpora juga melihat potensi olahraga yang berkembang di tingkat kecamatan dan bisa dipenuhi oleh semua kecamatan tersebar seluruh wilayah di kabupaten ujung Utara Pulau Dewata itu.

Dari hasil potensi tersebut, kata Mantan Kepala Bappeda Buleleng itu, kini terpilihlah delapan cabang olahraga dan diluar dari delapan cabang tersebut akan diseleksi di tingkat kabupaten secara langsung oleh tim penilai dan juga pengkab-pengkab olahraga.

"Seleksi nanti rencana akan dimulai dari tingkat kecamatan dengan delapan cabang olahraga dan diluar dari delapan cabang tersebut akan diseleksi di tingkat kabupaten," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Made Andi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017