Tabanan (Antara Bali) - Sebanyak 15 organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Tabanan, Bali memecahkan celengan untuk membantu pembangunan bedah rumah masyarakat kurang mampu yang dilakukan pada hari Valentine (Hari Kasih Sayang), Selasa 14/2.
   
Pemecahan celengan secara simbolis dilakukan di rumah Nyoman Murdana, salah seorang warga Banjar
Tengkudak yang  menjadi salah satu penerima bantuan kepedulian sosial (CSR) dari Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali tahun 2016 yang disaksikan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti.
   
Selain Nyoman Murdana yang menerima bantuan satu unit rumah juga tercatat 14 orang lainnya di daerah 'gudang beras' Pulau Dewata itu menerima bantuan serupa yang berasal dari CSR BPD Bali selama tahun 2016.
   
Direktur Operasional BPD Bali I GN Agustana DM secara simbolis menyerahkan 15 unit rumah kepada Bupati Ni Putu EkaWiryastuti yang selanjutnya diserahkan satu persatu kepada mereka yang berhak menerimanya.
   
Uang yang terkumpul dari celengan 15 OPD sebesar Rp18 juta yang diserahkan kepada masyarakat kurang mampu dalam bentuk kebutuhan bahan pokok saat mereka menerima bantuan rumah.
     
Direktur Operasional BPD Bali I GN Agustana DM menjelaskan, program bantuan bedah rumah di Kabupaten Tabanan akan tetap berlanjut dalam pada 2017. Rencananya, bantuan itu akan diserahkan kepada 15 orang warga Tabanan.
   
Dari jatah tersebut satu unit di antaranya sudah diserahkan kepada Wayan Sunarta, warga Desa Buwit, Kecamatan Kediri yang mengalami musibah puting beliung.
   
"Sebagai bank milik pemerintah daerah, kami berharap seluruh OPD serta masyarakat setempat tetap memanfaatkan jasa BPD Bali sebagai bank masyarakat di Pulau Dewata, sehingga, kami bisa setiap tahun
menganggarkan bedah rumah untuk sebagai bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu," ujarnya.
   
Sementara itu, Bupati Eka Wiryastuti memberikan apresiasi kepada BPD Bali yang ikut berperan serta membantu mengangkat taraf hidup masyarakat, khususnya warga Tabanan yang masih tinggal di rumah yang tidak layak huni.
   
"Tabanan mendapatkan bantuan bedah rumah dari BPD Bali. Program ini membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat, terutama mereka yang masih tinggal di rumah yang tidak layak huni. Syukurnya BPD bisa
merealisasikan dan kegiatan itu akan dilaksanakan secara berkesinambungan," ujarnya.
   
Untuk mengentaskan masalah sosial di masyarakat memerlukan kerja sama dengan semua pihak. Bupati Eka juga mengapresiasi adanya program celengan kepedulian dari seluruh OPD di lingkungan Pemkab Tabanan.
   
"Saya bersyukur OPD juga sudah mulai membuat  program kepedulian dengan celengan bersamanya," ujar Bupati Eka. (*)

Pewarta: Pewarta: I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017