Gianyar (Antara Bali) - Persatuan Seni Pencak Silat (PSPS) Bakti Negara Kabupaten Gianyar menggelar ujian kenaikan tingkat bagi para siswanya. Ujian kenaikan pangkat yang disebut dengan Danur Dara tersebut digelar di Lapangan Astina Gianyar, Minggu (12/2) Ujian kenaikan tingkat yang diikuti ribuan pesilat tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Gianyar, Made Mahayastra.

Danur dara merupakan kewajiban dari perguruan untuk melaksanakan ujian kenaikan tingkat yang diselenggarakan setiap tahun. Danur Dara tahun ini diikuti oleh siswa Bakti Negara dari Kecamatan Sukawati sebanyak 250 orang, Kecamatan Blahbatuh 200orang, Kecamata Payangan 50 orang, Kecamatan Tampaksiring 200 orang, Kecamatan Gianyar 90 orang, Kecamatan Tegallalang 250 orang, Kecamatan Ubud 190 orang.

Wabup. Mahayastra yang juga merupakan anggota dewan penasehat DPD PSPS Bakti Negara Provinsi Bali ini mengatakan, Perguruan Bakti Negara sudah membumi di Gianyar. Terbukti dalam ujian kenaikan tingkat ini, diikuti oleh seluruh kecamatan dan dengan jumlah peserta hingga 1.200 orang lebih. Bahkan ujian kenaikan tingkat ini juga diikuti oleh peserta dengan usia lima tahun.

Wabup Mahayastra mengatakan, bagi pemerintah Kabupaten Gianyar, untuk memajukan bidang olah raga tidak ada rumus lain selain melakukan pembinaan. Pembinaan secara internal dan kompetisi secara teratur di segala cabang olah raga baik di bela diri maupun cabang-cabang yang lainnya. Ujian kenaikan tingkat ini merupakan wujud pembinaan internal PSPS Bakti Negara. Wabup Mahayastra pada kesempatan tersebut menyampaikan harapan dan tuntutan kepada keluarga besar PSPS Bakti Negara Kabupaten Gianyar untuk memberikan prestasi yang terbaik bagi Gianyar.

"Kalau sudah dibina sejak dini seperti adik-adik yang berusia lima tahun ini hingga menjadi pesilat nanti, saya yakin tidak ada hasil yang mengingkari usaha keras kita setiap saat untuk tetap tekun dan melatih diri di Bakti Negara ini," ujar Wabup Mahayastra.

Pada kesempatan tersebut pula Wabup. Mahayastra menyampaikan target Kabupaten Gianyar dalam Porprov 2017 ini adalah 40 medali emas dari seluruh cabang olah raga yang diikuti.

"Ayo adik-adik tunjukkan prestasi, dan kita harus optimis berhasil meraih target," tandas Wabup Mahayastra.

Ujian kenaikan tingkat dibuka secara resmi oleh Wabup Mahayastra dengan menyematkan pin kepada perwakilan siswa Bakti Negara Gianyar dan dimeriahkan dengan pertunjukan silat. (*)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017