Singaraja (Antara Bali) - Pasangan bupati dan wakil bupati jalur perseorangan Pilkada Buleleng, Bali, Dewa Nyoman Sukrawan dan Gede Dharma Wijaya (Surya) melakukan "blusukan" ke Pasar Tradisional Desa Banyuning, Selasa.

"Kami ingin mengecek pasar yang sangat penting di desa ini. Ternyata masih banyak perlu perbaikan terutama permasalahan infrastruktur," kata Dewa Sukrawan di pasar tersebut, Selasa.

Ia mengatakan, penataan pasar merupakan salah satu hal yang penting yang harus dibenahi di kabupaten ujung Utara Pulau Dewata tersebut, utamanya masalah penataan lokasi dan sarana prasarana.

Ia menambahkan, pasar tradisional merupakan representasi dari masyarakat kecil di bawah. Pasar harus memberikan keleluasaan kepada para pedagang untuk melakukan aktivitas perekonomian.

Dikatakan pula, kedepan, pihaknya berjanji akan memperhatikan pasar tradisional terbesar di desa tersebut. Penataan lebih luas dan juga lebih bersih dan tertata rapi.

"Saya melihat hanya masalah kebersihan saja, kalau ini dibersihkan tentu akan menarik pembeli dan mampu bersaing dengan pedagang modern. Pedagang ditata dengan bagus para pedagang belum baik," paparnya.

Dikatakan pula, kedepan diperlukan juga perbaikan terhadap pola-pola pengelolaan pasar tradisional agar mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen yang ada.

Sukrawan pun menjelaskan, dalam programnya pasar akan dimiliki oleh desa-desa penyangga pasar itu sendiri. Sehingga, dari sisi keamanan dapat terjamin, termasuk juga kontribusi ke desa penyangga. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Bagus Andi Purnomo

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017