Mangupura (Antara Bali) - Wakil Bupati Badung, Bali, I Ketut Suiasa meminta "sekaa truna" atau kelompok pemuda pada masing-masing desa adat dapat menjadi generasi unggul untuk memajukan desanya.

"Salah satu upaya untuk membentuk generasi muda yang unggul dapat dilakukan dengan terlibat langsung dalam kegatan organisasi kemasyarakatan di desanya," kata Ketut Suiasa, di Mangupura, Senin.

Ia mengatakan, sekaa truna menjadi garda terdepan dalam pembangunan desa dan daerahnya, sehingga perlu mengisi diri dengan hal-hal positif dan menghargai antarsesama pemuda.

Suiasa mengharapkan, sekaa truna yang rata-rata masih berusia sekolah atau remaja itu, dapat mengimplementasikan ilmu yang didapatkan di bangku sekolahnya masing-masing agar diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

"Dengan memadukan ilmu di sekolah dan kehidupan sehari-hari di masyarakat, saya meyakini para sekaa truna ini akan menjadi generasi yang unggul," ujarnya, saat menghadiri HUT ke-46 Sekaa Truna Dharma Tunggal Banjar Pangsan, Kecamatan Petang, Badung itu.

Suiasa menegaskan bahwa generasi unggul tidak akan cukup dengan bekal ilmu yang didapat di bangku sekolah, namun harus dipadukan dengan kegiatan berorganisasi di tengah masyarakat.

Ketua Sekaa Truna Dharma Tunggal I Gusti Made Agus Suadnyana mengatakan, Desa Adat Pangsan terdiri dari lima banjar yang memiliki tiga sekaa truna, salah satunya Sekaa Truna Dharma Tunggal yang telah berusia 46 tahun.

"Saya mengapresiasi program Pemkab Badung yang betul-betul nyata dan menyentuh kebutuhan masyarakat. serta mendukung sekaa truna dalam berkreativitas pada perayaan nyepi tahun ini," ujarnya pula.

Karena itu, menurutnya, sekaa truna siap mendukungan program pembangunan Pemkab Badung yang dinilai telah berjalan dengan baik menuju kesejahteraan masyarakat di daerah itu. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2017