Mangupura (Antara Bali) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Badung, Bali, merancang tiga program unggulan untuk program kampung keluarga berencana (KB) pada tahun depan agar masyarakat lebih memahami pentingnya keluarga sejahtera.

Kepala Badan KBKS Badung Putu Rianingsih di Mangupura, Jumat, mengatakan bahwa program tersebut sebagai evaluasi pelaksanaan kampung KB yang telah ada di Banjar Umaanyar, Desa Penarungan, Mengwi, Badung. Namun, upaya itu akan serampak di enam kecamatan di Badung.

"Hal ini menjadi penekanan Bupati Badung yang menginginkan di enam kecamatan harus ada salah satu desa/kelurahan yang mewakili menjadi percontohan kampung KB ini," kata Putu Rianingsih.

Rancangan tiga program yang akan dilakukan awal tahun 2017, yakni dibentuknya pusat informasi dan konseling remaja (PIK-R), pelatihan kepada kader-kader kelompok bina keluarga balita (BKB), dan komunikasi informasi dan edukasi (KIE) untuk keluarga.

Program PIK-R, kata dia, dilakukan sebagai wadah untuk generasi muda/sekaa teruna teruni (STT) di Badung agar memahami bahaya akibat dari tidak merencanakan masa depannya dengan baik.

"PIK-R ini akan dilatih beberapa pemuda/pemudi sebagai konselor dan pendidik sebaya widyaiswara dengan materi berupa seks pranikah, nikah dini, dan narkoba (Triad-KRR)," ujarnya.

Untuk Bina Keluarga Balita, akan dilakukan pelatihan kader-kader kelompok BKB, bina keluarga remaja, bina keluarga lansia, serta usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS) yang telah dibentuk pada tahun 2016.

"Upaya pemberian KIE keluarga yang mempunyai anak banyak, dapat menciptakan keluarga yang lebih sejahtera," katanya lagi.

Berdasarkan penetapan kriteria kampung KB di Kabupaten Badung sebagai percontohan, yakni berada di Banjar Umahanyar Desa Penarungan, Banjar Angantiga Desa Petang, Banjar Batu Bayan Desa Taman, dan Banjar Bhinneka Nusa Kauh Desa Dalung.

Berikutnya, Lingkungan Kubu Alit Kedonganan Kuta dan Lingkungan Panca Bhinneka Tanjung Benoa Kuta Selatan. (WDY)

Pewarta: Pewarta: I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2016