Bangkok, Thailand (ANTARA) - Inggris pada Kamis mengesampingkan pertukaran tanker Iran yang ditahan di Gibraltar dengan tanker yang berbendera Inggris yang ditahan oleh Iran di Teluk.

"Kami takkan saling tukar: Jika rakyat atau bangsa telah menahan (tanker) yang berbendera Inggris secara tidak sah, maka ketentuan hukum internasional harus ditegakkan," kata Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab saat melakukan perjalanan ke Bangkok, Thailand.

"Kami takkan bertukar kapal yang ditahan secara sah dengan kapal yang ditahan secara tidak sah: Itu bukan cara Iran yang datang dengan tidak ramah," kata Raab, sebagaimana dikutip Reuters --yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis malam. "Jadi, saya khawatir sejenis pertukaran atau tawar-menawar atau pertautan tak ada di meja."

Ketegangan telah meningkat antara Iran dan Inggris sejak setelah personel komando Iran menangkap satu tanker yang berbendera Inggris pada Juli. Itu terjadi setelah pasukan Inggris menangkap satu tanker minyak Iran di dekat Gibraltar, denan tuduhan melanggar sanksi atas Suriah.

Sumber:Reuters
Baca juga: Inggris tolak barter tanker dengan Iran
Baca juga: Pejabat Rusia di Iran kunjungi ABK kapal Inggris berkebangsaan Rusia
Baca juga: India desak Iran untuk bebaskan seluruh awak kapalnya

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019