Hoaks, undangan bimbingan teknis yang diselenggarakan BPOM bagi pelaku usaha

Hoaks, undangan bimbingan teknis yang diselenggarakan BPOM bagi pelaku usaha

logo Badan POM. (Antaranews)

Jakarta (ANTARA/JACX) - Melalui saluran media sosial tersebar informasi mengenai surat yang dikeluarkan oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) tentang undangan bimbingan teknis yang wajib diikuti oleh pelaku usaha di bidang makanan.

Dalam undangan tersebut juga memuat informasi bagi peserta yang mengikuti kegiatan tersebut wajib menggunakan jasa agen perjalanan tertentu untuk transportasi dan juga akomodasi yang telah ditunjuk dalam surat tersebut. Surat itu juga mengatasnamakan salah satu pejabat di BPOM.

Klaim    : BPOM mengeluarkan surat yang meminta pelaku usaha di bidang makanan wajib mengikuti bimbingan teknis dan wajib menggunakan biro perjalanan tertentu untuk transportasi dan akomodasi
Rating   : Salah/Disinformasi

Penjelasan
Melalui akun twitter resmi BPOM @BPOM_RI dan laman resmi www.POM.go.id telah menyampaikan bahwa surat tersebut dan informasi yang ada di dalamnya tidak benar. BPOM juga meminta kepada semua pelaku usaha makanan dan juga masyarakat dan semua instansi pemerintah lainnya yang menerima surat tersebut untuk mengabaikannya.

Cek fakta : https://twitter.com/BPOM_RI/status/1156189240687906817?s=20
Cek fakta : https://www.pom.go.id/new/view/more/klarifikasi
 
Tangkapan layar klarifikasi artikel hoaks Direktorat Pengendalian Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika
Pewarta : Tim JACX dan Kemkominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
COPYRIGHT © ANTARA 2019