Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meresmikan Ruang Serba Guna Dr Sutopo Purwo Nugroho di Lantai 15 Graha BNPB sebagai bentuk penghormatan kepada Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho yang telah meninggal dunia karena menderita penyakit kanker paru pada 7 Juli 2019.

Selain mengabadikan namanya sebagai ruang serba guna, Doni juga memberikan penghargaan Dharma Widya Argya untuk Sutopo yang diserahkan kepada Retno Utami, istri Sutopo. Keluarga Sutopo juga mendapatkan tabungan pendidikan Rp200 juta dari BRI.

Sutopo merupakan figur yang memberikan informasi kebencanaan secara cepat dan melawan kabar bohong yang beredar di masyarakat baik melalui kanal-kanal media sosial maupun media massa.

Dedikasi Sutopo dikenal hingga ke mancanegara, dan dia bisa berkomunikasi dengan lebih dari 2.000 wartawan dari dalam dan luar negeri untuk memberikan informasi kebencanaan.

Meskipun didera kanker paru stadium IVB, Sutopo tetap menjalankan tugas memberikan informasi kebencanaan kepada media dan masyarakat.

Salah satu pesan Sutopo adalah "hidup bukan soal panjang pendek usia, melainkan seberapa besar kita bisa membantu orang lain".
Baca juga: Taspen berikan santunan ke ahli waris Sutopo Purwo Nugroho
Baca juga: IJTI berikan penghargaan tanpa batas pada Sutopo
Baca juga: Dokter jelaskan prosedur pemeriksaan kesehatan deteksi kanker paru

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019