Alhamdulillah, kloter 9 yang merupakan kloter terakhir rombongan calon haji Mataram sudah berada di Mekkah, setelah selesai melaksanana ibadah "arbain" di Madinah
Mataram (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyebutkan, tiga kelompok terbang (kloter) calon haji asal Kota Mataram musim haji 1440 Hijriah/2019, sudah berada di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

"Alhamdulillah, kloter 9 yang merupakan kloter terakhir rombongan calon haji Mataram sudah berada di Mekkah, setelah selesai melaksanana ibadah arbain di Madinah," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram H Burhanul Islam di Mataram, Senin.

Ia menjelaskan total calon haji Kota Mataram tahun 2019, sebanyak 757 orang, terbagi pada tiga kloter yakni kloter 3 sebanyak 450 orang, kloter 7 sebanyak 140 orang dan kloter 9 sebanyak 167 orang.

Ia mengatakan, jamaah calon haji kloter 9 juga menempati hotel Luk Luat di Aziziah, sama seperti jemaah-jemaah lainnya yang tergabung melalui Embarkasi Lombok.

Menurur dia, ini menjadi salah satu kelebihan dari pemondokan dengan menggunakan sistem zonasi per embarkasi di mana semua jsmaah dari satu embarkasi bisa saling bersilaturahmi apalagi yang punya saudara atau keluarga pada kloter lainnya.

"Sementara kelebihan sistem pemondokan zonasi bagi petugas, memudahkan untuk pengawasan dan koordinasi," katanya.

Menyinggung tentang kondisi kesehatan jamaah, Burhanul menyebutkan, berdasarkan informasi dari petugas, meskipun cuaca di Tanah Suci mencapai 40-42 derajat Celsius kondisi semua jemaah dalam keadaan sehat walafiat.

"Semua jamaah kita sedang bersiap melaksanakan rukun wajib haji, dan aktif melakukan ibadah wajib shalat 5 waktu di Masjdil Haram, ibadah-ibadah sunah serta ziarah ke tempat bersejarah di Mekkah," katanya.

Sementara sejumlah calon haji yang lanjut usia dan risiko tinggi, tetap berada di bawah pengawasan para tim medis dan pendamping, namun mereka selalu diingatkan agar tidak memaksakan diri melaksanakan ibadah sunah agar tetap sehat saat melaksanakan ibadah wajib, demikian Burhanul Islam.


Baca juga: Wali Kota Mataram lepas 450 calon haji kloter tiga

Baca juga: Depresi, seorang calon haji Mataram batal berangkat.

Baca juga: Wawali lepas kloter terakhir calon haji Mataram


 

Pewarta: Nirkomala
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019