Gwangju (ANTARA) - Juara bertahan Amerika Serikat dan mantan juara Spanyol akan bertemu pada final polo air putri Kejuaraan Dunia Akuatik di Gwangju, Korea Selatan, serta lolos kualifikasi Olimpiade 2020 setelah mengalahkan rival-rivalnya, Rabu.

Pertahanan solid AS, yang telah lima kali juara dunia, membawa kemenangan 7-2 atas Australia dalam semifinal.

Kemudian juara 2013 Spanyol melibas Hungaria 16-10 berkat empat gol Roser Tarrago dan Judith Forca Ariza, demikian Reuters.

AS memimpin 3-0 pada kuarter pertama dan melesakkan tiga gol tanpa balas sebelum Australia, yang tertahan pada paruh pertama, akhirnya mampu mencetak gol pada kuarter ketiga.

Gol Bronte Halligan memperkecil ketertinggalan menjadi 6-2 sebelum Alys Williams menggenapi kemenangan AS dengan gol terakhirnya. Kiper AS Ashleigh Johnson membuat 14 kali penyelamatan gemilang.

Baca juga: Adam Peaty cetak treble emas 100m gaya dada

Williams, Stephania Haralabidis dan pemain terbaik pada pertandingan itu Makenzie Fischer masing-masing membuat dua gol untuk AS.

Dalam semifinal lainnya juga terjadi pesta gol ketika Tarrago mencetak empat gol dari enam gol pembuka Spanyol untuk membawa timnya unggul 10-8 pada paruh pertama.

Ariza mengambil kendali pada paruh kedua dengan tiga tembakan beruntun untuk menambah keunggulan yang tak bisa dicapai Hungaria walaupun Dora Leimeter bermain bagus dengan mencetak empat gol.

Australia akan bertemu Hungaria dalam babak perebutan medali perunggu sebelum pertandingan final antara AS dan Spanyo, esok Jumat.

Baca juga: Horton dan Sun saling melotot di pinggir kolam renang

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019