Biak (ANTARA) - Warga di dua kampung distrik Biak Barat yakni Kampung Andei dan Kampung Wasyai mendapat pelayanan pengobatan gratis dari prajurit Pangkalan Udara Manuhua, Biak, Papua dalam rangka memperingati hari bhakti TNI Angkatan Udara ke-72, Rabu.

"Ya, sehat itu murah dan sakit itu sangat mahal. Karena itu, saya mengajak semua warga kampung untuk memanfaatkan layanan pemeriksaan pengobatan gratis yang digelar prajurit Lanud Manuhua," ujar Kadispers Lanud Manuhua Kolonel (Adm) Hendi Hendarto mewakili Danlanud Manuhua Marsma TNI Daan Sulfi.

Ia mengajak anak-anak lulusan SLTA di kampung Andei dan Wasyai diminta datang untuk memeriksa kesehatannya, agar nanti dapat mengikuti seleksi masuk prajurit TNI Angkatan Udara yang akan dibuka panitia daerah Lanud Manuhua.

"Saya berharap lebih banyak putra putri daerah Biak yang dapat masuk anggota TNI Angkatan Udara, agar kelak suatu saat putra Biak dapat menjadi Komandan Lanud Manuhua," ujar Kadispers Kolonel Hendi Hendarto.

Ia mengatakan kegiatan bhakti sosial merupakan bukti nyata akan kepedulian prajurit Lanud Manuhua dalam membantu masyarakat di kampung Andei dan Wasyai.

Sementara itu, Kepala Kampung Wasyai Hengki Rejauw menyampaikan, terima kasih kepada jajaran prajurit Lanud Manuhua Biak yang mengelar bakti sosial yang dilakukan di desanya.

"Kiranya Tuhan memberikan kekuatan bagi TNI Angkatan Udara untuk melaksanakan tugasnya mengamankan kedaulatan wilayah udara di Negara Kesatuan Republik Indonesia," katanya.

Rejauw mengaku, khusus wilayah kampung Wasyai di Distrik Biak Barat adalah daerah yang paling aman di Kabupaten Biak Numfor.

"Layanan pengobatan kesehatan diberikan prajurit Lanud Manuhua Biak telah membantu warga kampungnya," ungkap Hengky Rejauw.

Kepala Penerangan Lanud Manuhua Letkol Mangapul Simanjuntak melaporkan, kegiatan bhakti sosial prajurit Lanud Manuhua sebagai program kerja bidang potensi dirgantara Pangkalan Udara Manuhua untuk memperingati hari bakti TNI Angkatan Udara ke-72, tanggal 29 Juli 2019.

Rangkaian kegiatan selanjutnya hari Kamis 25 Juli 2019 akan dilaksanakan donor darah di Rumah Sakit Lanud Manuhua Jalan Singamangaraja Biak.

"Panitia Bakti Sosial Lanud Manuhua mengundang satuan TNI-Polri dan masyarakat Biak Numfor untuk mendonorkan darahnya bertempat di RS Lanud Manuhua," imbuh Letkol
Manggapul Simanjuntak.

Selain pengobatan gratis, jajaran prajurit Lanud Manuhua Biak juga memberikan bantuan bahan bangunan kepada masyarakat berupa semen, kayu kaso dan cat untuk jemaat gereja GKI Nazaret Benggor di Kampung Andei.

Pengecatan gereja GKI Nazaret Kampung Andie dilakukan Kapten Guntur anggota Potdirga Pangkalan Udara Manuhua Biak.

"Jadikan bakti para pejuang pendiri Angkatan Udara sebagai pemicu semangat dan motivasi untuk bakti yang lebih baik bagi Ibu Pertiwi. Angkatan udara datang rakyat senang," ungkap Letkol Mangapul Simanjuntak.

Baca juga: Kepala staf TNI AU Buka bakti sosial di Banyumas

Baca juga: Ribuan warga Lebak antusiastis sambut layanan sosial TNI AU

 

Pewarta: Muhsidin
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019