Surabaya (ANTARA) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menerima penghargaan "Women Empowerment Award" (WEA) atau Pemberdayaan Perempuan dari majalah Her Times yang dihelat di Grand Ballroom Hotel Mandarin Orchard, Singapore, Senin.

"Hari ini Bu Risma berangkat untuk menerima penghargaan WEA di Singapura. Dari ketujuh orang yang menerima penghargaan, Ibu Risma salah satunya," kata Kabag Humas Pemkot Surabaya M. Fikser di Surabaya.

Menurut dia, pemberian penghargaan tersebut didukung Kedutaan Besar (Kedubes) Republik Indonesia di Singapura. Penghargaan ini diberikan kepada tujuh warga Negara Indonesia dari latar belakang yang berbeda, di antaranya dari pemerintahan, pengusaha swasta, ataupun asosiasi. Untuk penghargaan WEA diberikan kepada Wali Kota Risma karena dinilai berhasil dalam upaya pemberdayaan perempuan.

Majalah Her Times merupakan majalah China yang ada di Negara Singapura. Majalah Her Times ini mengangkat seputar kehidupan perempuan. Biasanya membahas terkait keberhasilan seorang perempuan, profesional, dan juga bisnis.

Penghargaan tersebut didedikasikan kepada perempuan inspiratif dengan keberhasilan masing-masing di bidangnya. Selain itu, tujuan dari pemberian penghargaan tersebut untuk memberi motivasi dan inovasi untuk mendorong semua perempuan, agar tidak berhenti meningkatkan kualitas diri.

Terlebih, lanjut dia, tantangan yang dihadapi era ke depan semakin tidak mudah, khususnya bagi warga Kota Surabaya yang harus terus berjuang. "Penghargaan tersebut sudah melalui tahap penyeleksian yang dilakukan 10 orang juri untuk menilai kelayakan dari peraih penghargaan ini," ujarnya.

Terdapat 10 orang juri yang menilai tingkat kelayakan penerima penghargaan ini yakni Michael Goutama Chairman dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin Indonesia) Komite Singapura, Max Loh (partner pengelola Negara Singapura) dan partner pengelola kawasan ASEAN dan Berlianto Situngkir (Menteri Konselor dari Kedutaan Besar Indonesia di Singapura).

Selain itu ada Hwang Yee Cheau (Ketua Kelompok Wanita Karier Kamar Dagang China Singapura), Kris Wiluan (Ketua Citramas Grup), Daniel Teo (Ketua Hong How Grup), Ester (Ketua Sustainbility Officer di pengembangan kota terbatas), Anindya Bakrie (CEO PT Bakrie Global Ventura) dan yang terakhir adalah Annie Song (Kepala editor Majalah Times di Singapura).

Wali Kota Risma sebelumnya pada 2014 menerima penghargaan Mayor Recognition’s Awards (MRA) dari The Eastern Regional Organisation for Planning and Human Settlements (EAROPH), pada tahun yang sama menerima penghargaan wali kota terbaik dunia dari Citymayors.com, penghargaan internasional "Ideal Mother" dari Islamic Educational Scientific and Cultural Organization" (ISESCO) Kairo tahun 2016.

Selain itu, Fikser mengatakan pada 2017, Wali Kota Risma juga berhasil menyabet penghargaan The President of Association otherways management & consulting Paris-Franc Otherways Management Association Club (OMAC). Hingga pada 2018, wali kota dinobatkan sebagai Presiden United Cities and Local Governments (UCLG) Asia Pacific (ASPAC).

"Besok (23/7), Bu Risma pulang dengan membawa penghargaan WEA untuk warga Kota Surabaya," katanya.

 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019