Ini adalah menu makan yang saya suka makan waktu kecil, semacam comfort food, ada sambel bawang, sedikit sentuhan chinese food dengancrispy chicken-nya, bikinya gampang,
Jakarta (ANTARA) - Celebrity chef Arnold Poernomo menggandeng Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep serta Randy Julius Kartadinata membuka restoran "Mangkok Ku" yang menyajikan "rice bowl" dengan cita rasa khas Indonesia.

"Kami kenal sudah lama.. Sampai tahun lalu Mas Gibran main ke rumah saya, 'yuk kita bikin sesuatu', tapi enggak tahu mau bikin apa, sampai jadilah ini (Restoran Mangkok Ku)," kata Arnold di Jakarta, Sabtu.

Juri kompetisi memasak Master Chef Indonesia itu mengatakan dipilihnya "rice bowl" sebagai menu utama Mangkok Ku karena terinspirasi dari makanan "comfort food" yang biasa dia makan saat kecil.

"Ini adalah menu makan yang saya suka makan waktu kecil, semacam comfort food, ada sambel bawang, sedikit sentuhan chinese food dengancrispy chicken-nya, bikinya gampang," tambahnya.

Baca juga: Jokowi pernah minta Kaesang berguru bisnis kepada Chef Arnold

Terletak di Jalan Tanjung Duren Raya, "Mangkok Ku" menyajikan enam menu "rice bowl" yakni Mangkok Brisket Onion Sauce with Onsen Egg, Brisket Spicy Sauce, Ox-Tounge Dabu, Crispy Chicken, Fire Fried Chicken, dan Egg Sausage Mayo.
Menu rice bowl di Restoran Mangkok Ku (Instagram/@mangkokku.id)


Mengusung tagline "Bersih, Merakyat dan Nikmat Nyata", Mangkok Ku menyasar pasar keluarga dengan harga menu sangat terjangkau mulai dari Rp19.000 hingga paling mahal Rp50.000-an.

Sebelum dibuka resmi hari ini, antrean mengular sering tampak di luar restoran dua lantai ini.

Memasuki restoran, tak ada yang istimewa dari desain ruangan. Yang paling mencolok hanyalah lukisan mural sosok Chef Arnold Poernomo, Gibran Rakabuming, Randy Julius, dan Kaesang Pangarep yang sedang asyik menyantap rice bowl di satu sisi dinding.

Baca juga: Kaesang buka gerai Ternakopi Ke-12 di Jakarta Barat

Selebihnya tak ada yang menarik dari desain ruangan Mangkok Ku.

Desain dapur dibuat terbuka agar konsumen bisa melihat langsung proses pembuatan rice bowl ala Indonesia.

Antara berkesempatan menjajal menu Mangkok Crispy Chicken seharga Rp41.000. Menu berisi semangkuk nasi hangat porsi sedang dengan irisan ayam goreng yang disiram sambal berisi bawang putih, daun bawang dan daun seledri.
Menu Mangkok Crispy Chicken di Restoran Mangkok Ku (ANTARA News/Ida Nurcahyani)


Saat digigit, tekstur daging ayam masih lembut dan juicy di dalam, sedangkan di luar, meski namanya ayam crispy namun ayam digoreng tanpa tepung.

Satu mangkuk menu Mangkok Crispy Chicken memberikan sensasi renyah dari kulit ayam yang digoreng hingga berwarna kecoklatan.

Untuk minuman, Mangkok Ku menghadirkan minuman dari Ternakopi yakni ragam varian cold brew besutan Kaesang Pangarep.

Baca juga: Maraknya kuliner luar negeri, tantangan Gibran geluti "foodpreneur"

Menu minuman Ternakopi ada kopi gula Jawa, avocado, cokelat, karamel, hazelnut hingga taro. Jika tak ingin minuman berkafein, ada pilihan rum tanpa alkohol, cokelat, teh hingga bailey's tanpa alkohol.
(Kiri ke kanan) Randy Julius Kartadinata, Gibran Rakabuming, Chef Arnold Poernomo, dan Kaesang Pangarep saat peresmian dibukanya Restoran Mangkok Ku dan gerai Ternakopi di Tanjung Duren, Jakarta Barat, Sabtu (20/7/2019) (ANTARA News/Ida Nurcahyani)

 

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019