Menteri Turki hadiri peringatan Hari Anak Nasional di Makassar

Menteri Turki hadiri peringatan Hari Anak Nasional di Makassar

Kepala Bagian Kerjasama Biro Perencanaan dan Data KPPPA, Nani Dwi Wahyuni di Makassar, Jumat (12/07/2019). ANTARA Foto/Nur Suhra Wardyah

Makassar (ANTARA) - Selain Presiden Joko Widodo, seorang menteri Turki dari Kementerian Tenaga Kerja, Pelayanan Sosial, dan Keluarga dijadwalkan hadir pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2019 dipusatkan di Makassar, Sulawesi Selatan.

"Seorang menteri negara asing ke provinsi adalah momen yang sangat jarang, ini momen terbaik untuk membicarakan kerja sama hingga promosi keunggulan yang ada," kata Kepala Bagian Kerjasama Biro Perencanaan dan Data Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Nani Dwi Wahyuni di Makassar, Jumat (12/7).

Oleh karena itu, KPPPA mendorong Pemerintah Provinsi Sulsel hingga Pemerintah Kota Makassar memanfaatkan kedatangan menteri dari Turki ke wilayah itu.

Kedatangan Menteri Tenaga Kerja, Pelayanan Sosial, dan Keluarga Turki, Zehra Zumrut Selcuk, tersebut untuk menghadiri undangan Menteri PPPA RI Yohana Yembise terkait dengan kerja sama bilateral kedua pihak.

Di sela-sela peringatan HAN 2019 atau saat penganugerahan penghargaan Kota Layak Anak (KLA) di Indonesia, akan ditandai juga dengan penandatanganan nota kesepahaman antara KPPPA dengan pihak Turki, disaksikan Presiden Joko Widodo, yang dijadwalkan di Hotel Four Point Makassar.

Nani mengatakan kedatangan Menteri Zehra membawa tiga isu utama yang potensial dibicarakan, bukan hanya bagi Indonesia dan Turki, namun juga berbagai potensi pengembangan tenaga kerja, pelayanan sosial, dan keluarga bagi pemerintah daerah setempat.

"Kita sangat mendorong memanfaatkan kedatangan beliau untuk meningkatkan potensi investasi, tukar menukar tenaga kerja, pariwisata juga boleh dan apa saja yang berpeluang untuk mengembangkan daerah ini," ucapnya usai melakukan koordinasi dengan DPPPA Sulsel.

Menteri yang berada di bawah kabinet kepemimpinan Recep Tayyip Erdogan itu, dijadwalkan tiba di Makassar pada 22 Juli mendatang. Dia akan berada di Makassar hingga 24 Juli dengan mengikuti rangkaian kegiatan HAN 2019.

Pemerintah daerah diharapkan lebih aktif menyampaikan beberapa agenda yang akan dilangsungkan menteri Turki sebab pihak KPPPA telah menyiapkan jadwal luang bagi Pemprov Sulsel dan Pemkot Makassar untuk menunjukkan "centra excelent" kepada rombongan Menteri Zehra.

"Kita maunya seperti itu, karena kebetulan pemerintah Turki ada di Makassar, kita maunya wilayah KLA Makassar diekspose dan sudah dimasukkan ke dalam agenda, tetapi ini jadwalnya malah belum pasti. Masih dalam perundingan pembahasan soal titik mana yang akan dikunjungi," tutur Nani.

Baca juga: Sudah capai 60 persen puncak persiapan HAN 2019 di Makassar
Baca juga: Presiden Jokowi dijadwalkan hadiri peringatan HAN di Sulsel
Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019