Program Kurban Berdayakan Desa diserukan Baznas Sulut untuk masyarakat

Program Kurban Berdayakan Desa diserukan Baznas Sulut untuk masyarakat

Ketua Baznas Provinsi Sulawesi Utara, Abid Takalamingan. (FOTO ANTARA/Nancy Lynda Tigauw).

Manado (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sulawesi Utara (Sulut) mengajak masyarakat provinsi itu untuk melaksanakan ibadah kurban pada Idul Adha 1440 Hijriah melalui Program Kurban Berdayakan Desa.

"Melalui program ini, masyarakat diharapkan dapat berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan penduduk desa," kata Ketua Baznas Sulut, Abid Takalamingan di Manado, Sabtut.

Ia mengatakan bahwa pemberdayaan masyarakat desa bisa dilakukan dalam empat bidang sekaligus yakni ekonomi, pendidikan, kesehatan dan budaya.

"Baznas mengajak masyarakat untuk menjadikan ibadah kurban sebagai upaya pemberdayaan desa,” katanya.

Dia menjelaskan, dari segi ekonomi, ketika kurban dilakukan di desa, maka usaha peternakan warga akan makin berkembang.

Selain itu, katanya, berbagai industri turunan juga akan mengikuti, seperti olahan kulit dan kotoran kambing.

Dia mengatakan, perputaran roda perekonomian menjadi semakin kuat, usaha peternakan warga mengundang munculnya usaha pabrik pakan ternak dan budidaya tanaman hias.

Ia menambahkan produksi kompos dari kotoran kambing bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan budi daya tanaman jambu yang kemudian dijual dalam bentuk makanan olahan.

Sedangkan dari sisi pendidikan, perputaran ekonomi dari Program Kurban Berdayakan Desa, akan membantu meningkatkan kemampuan masyarakat untuk menempuh pendidikan lebih tinggi dan memperbaiki fasilitas pendidikan terdekat.

Kurban Berdayakan Desa, kata dia, juga mendorong peningkatan kualitas Kesehatan masyarakat desa, dari anak-anak hingga orang dewasa.

“Daging sapi dan daging kambing mengandung berbagai zat gizi yang membantu pertumbuhan anak-anak desa lebih sehat,” katanya.

Semoga, katanya, dengan program ini, ibadah kurban akan semakin menyentuh masyarakat perdesaan di Sulut, demikian Abid Takalamingan.

Baca juga: Baznas bentuk kampung pesantren di wilayah perbatasan Sulut

Baca juga: Bantu korban banjir-longsor Manado, Baznas siapkan dapur umum

Baca juga: Pemkot Manado sumbangkan 11 ekor hewan kurban
Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019