Calon haji Kloter I Embarkasi Padang masuki Asrama Haji Tabing

Calon haji Kloter I Embarkasi Padang masuki Asrama Haji Tabing

Jamaah haji kloter I Embarkasi Padang menukarkan rupiah dengan riyal Saudi di jasa penukaran yang Asrama Haji Tabing Padang , pada Sabtu (6/7/2019). ANTARA/Ikhwan Wahyudi/aa

Padang, (ANTARA) - Sebanyak 393 calon haji kloter pertama embarkasi Padang, Sumatera Barat telah tiba di Asrama Haji Tabing, Padang pada Sabtu yang dijadwalkan berangkat Minggu (7/7) pukul 07.20 WIB.

Setiba di asrama haji jamaah langsung disambut lantunan shalawat badar yang merupakan tradisi baru Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar dalam proses penyambutan kedatangan jamaah haji 2019.

Satu persatu jamaah dipandu panitia turun dari bus langsung diarahkan memasuki aula untuk diberikan informasi terkait kegiatan selama berada di Asrama hingga sebelum diterbangkan ke Tanah Suci.

Setelah diberikan penjelasan jamaah langsung menerima nomor manifes, gelang identitas, gelang barcode dan uang living cost atau biaya hidup selama di Tanah Suci sebesar 1.500 riyal Saudi.

Kemudian jamaah mengikuti pemeriksaan kesehatan di poliklinik asrama haji dan jika ada yang mengalami sakit dan perlu perawatan ditangani tim kesehatan dengan memberikan gelang risiko tinggi.

Kasi Pembinaan Haji dan Umrah Kemenag Sumbar Efrizal menyebutkan jamaah haji kloter 1 berjumlah 393 orang terdiri atas 388 calon haji dan lima orang petugas yang akan mendampingi selama dalam perjalanan.

Kloter I berasal dari Padang dan akan diterbangkan ke Bandara Internasional Pangeran Muhammad bin Abdul Aziz Madinah menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777 seri 300 ER.

Ia mengatakan setiba di bandara, jamaah langsung menuju pesawat karena seluruh proses pemeriksaan dokumen telah dilakukan di Asrama Haji.

Barang bawaan jamaah juga telah terlebih dahulu  dimuat ke dalam pesawat tujuh jam sebelum proses keberangkatan.

Ia menambahkan jamaah akan dilepas secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno pada Sabtu malam pukul 20.00 WIB.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Padang, Sumatera Barat memberangkatkan 7.035 calon haji pada musim haji 2019 terdiri atas 18 kelompok terbang.

Dari 7.035 calon haji tersebut terdiri atas 5.005 calon haji asal Sumbar, 1.940 dari Bengkulu didampingi 80 petugas haji.

Baca juga: Embarkasi Padang berangkatkan 7.035 calon haji pada 2019
 Baca juga: Padang bakal miliki gedung pusat embarkasi haji
 
Pewarta : Ikhwan Wahyudi
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019