Mataram (ANTARA) - Mahasiswa dari Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Malaysia berkolaborasi dengan para musisi Nusa Tenggara Barat dalam pentas seni di Taman Budaya NTB di Kota Mataram.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB, Lalu Manan di Mataram, Jumat mengatakan setiap tahunnya selalu ada mahasiswa UPSI datang dan belajar tentang budaya NTB. Ia menyampaikan sejak 2017 hingga 2019, UPSI telah mengirimkan puluhan mahasiswa dalam lima kloter.

"Ini kerja sama yang baik untuk merekatkan budaya antara NTB dengan Malaysia," ujarnya.

Manan menilai para mahasiswa tersebut juga kerap menceritakan tentang keindahan alam dan khazanah budaya NTB kepada warga Malaysia lainnya. Kondisi ini tentu sangat positif untuk mendorong peningkatan wisatawan Malaysia ke NTB.

"Kami harap, semakin sering dan banyak lagi adik-adik mahasiswa Malaysia belajar ke sini," ucapnya.

Baca juga: Festival pencinta musik hip-hop pertemukan musisi Indonesia dan Korea

Sementara itu, Perwakilan UPSI Syafii, mengaku senang bisa mendalami kekayaan budaya NTB. Ia mengaku terkesan dengan karakter masyarakat NTB yang ramah. Selain itu, lanjutnya belajar di NTB memiliki nilai lebih lantaran bisa menikmati keindahan alam yang istimewa.

Karena itu, kedepan ia berharap kolaborasi musik Malaysia dan NTB yang ditampilkan semakin menguatkan tali persaudaraan.

"Kami ingin suatu saat nanti kembali ke sini untuk berlibur karena alamnya bagus dan kulinernya enak-enak. Kami juga ingin kolaborasi musik seperti ini kita tampilkan ri Malaysia agar warga Malaysia tahu juga budaya NTB," katanya.

Baca juga: Musisi militer Inggris turut semarakkan hubungan Indonesia-Inggris

Baca juga: Ambon tingkatkan kapasitas musisi lokal via jambore

Baca juga: Musisi berkolaborasi dalam konser Indonesia-Austria


Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019