Yang kita targetkan adalah produk Virna Glaucoma Implant ini dapat menurunkan angka kebutaan karena glaukoma, ini sasaran utama kita jadi kita berharap bisa memberikan kontribusi
Jakarta (ANTARA) - Implan glaukoma buatan dokter sekaligus peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr dr Virna Dai Oktariana, SpM(K) yang bekerja sama dengan PT Rohto Laboratories Indonesia akan diekspor ke 15 negara dan bersaing dengan produk-produk internasional.

Presiden Direktur PT Rohto Laboratories Indonesia, Mukdaya Massidy usai acara peluncuran produk Virna Glaucoma Implant by Rohto di Jakarta, Rabu, mengatakan pihaknya berencana mengekspor produk tersebut ke negara-negara yang sudah menjadi pasar untuk produk alat kesehatan mata.

"Kami sudah mengekspor produk lain yang berbeda yaitu lensa untuk katarak, lensa intraokular kurang lebih ke 15 negara. Jadi glaukoma implan yang baru ini buatan Indonesia juga akan kita ekspor ke negara-negara tersebut," kata Mukdaya.

Namun dia menegaskan sasaran utama Rohto dalam memroduksi implan glaukoma adalah untuk memenuhi kebutuhan domestik terlebih dahulu.

"Yang kita targetkan adalah produk Virna Glaucoma Implant ini dapat menurunkan angka kebutaan karena glaukoma, ini sasaran utama kita jadi kita berharap bisa memberikan kontribusi," katanya.

Rohto yang bekerja sama dengan FKUI memperkirakan biaya investasi pengembangan produk Virna Glaucoma Implant by Rohto jika dimulai sejak awal sebesar 4-5 juta dolar AS. Namun biaya investasi tersebut dapat ditekan dengan pemanfaatan fasilitas dan SDM yang sudah tersedia di pabrik Rohto.

Mukdaya mengemukakan ihaknya akan mulai memproduksi sekitar 200-300 produk implan glaukoma untuk kebutuhan operasi pasien selama bulan Juli. Produk Virna Glaucoma Implant by Rohto juga telah memiliki izin edar dari Kementerian Kesehatan pada Mei 2019.

Ke depannya, Rohto akan memroduksi dengan melihat kebutuhan operasi pasien glaukoma. "Kurang lebih ada 330 ribu penderita glaukoma, dari 330 ribu tersebut berapa orang yang memerlukan operasi," kata Mukdaya.

Implan glaukoma buatan peneliti Indonesia ini memiliki keunggulan dari sisi biaya yang lebih murah dibandingkan produk serupa yang sudah ada di pasaran saat ini.

Perkiraan harga Virna Glaucoma Implant by Rohto akan 70 persen lebih murah dari harga pasar.

Baca juga: Dokter Indonesia ciptakan implan glaukoma berharga terjangkau

Baca juga: Glaukoma Penyebab Kebutaan Terbanyak Kedua

Baca juga: 70 persen kebutaan karena katarak


Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019