Uzbekistan-NTB dan ANTARA sepakati kerja sama promosi pariwisata

Uzbekistan-NTB dan ANTARA sepakati kerja sama promosi pariwisata

Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah (kiri) seusai penandatanganan kerjasama antara Wakil Direktur Pertama Departemen Regional Provinsi Bukhara, Uzbekistan, Khakimov (kanan) dan CEO Antara Digital Perum LKBN Antara, Darmadi (kiri) disaksikan Sekretaris Kedutaan Besar Uzbekistan untuk Indonesia Muzaffar S Abdulazimov (kedua dari kanan) di Kota Mataram, Senin (24/6). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Uzbekistan menyepakati kerja sama promosi bidang pariwisata, khususnya wisata halal dengan ANTARA Digital Media dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kesepakatan tersebut dilakukan dalam penandatanganan kerja sama antara Wakil Direktur Pertama Departemen Regional Provinsi Bukhara, Uzbekistan, Khakimov disaksikan Sekretaris Kedutaan Besar Uzbekistan untuk Indonesia Muzaffar S Abdulazimov dan CEO Antara Digital, Darmadi serta Wakil Gubernur NTB Hj Sitti Rohmi Djalilah di Mataram, Senin.

Sekretaris Kedutaan Besar Uzbekistan untuk Indonesia Muzaffar S Abdulazimov, mengatakan kerja sama ini dalam rangka membangun kerja sama wisata halal atau halal turisme khususnya antara NTB dengan Provinsi Bukhara.

"Uzbekistan dan Indonesia, khususnya NTB memiliki banyak kesamaan. Baik itu budaya, agama karena sama-sama mayoritas beragama Islam. Bahkan ada sejumlah kosa kata yang sama dengan Uzbekistan," katanya.

Dalam kerja sama ini Bukhara dan daerah NTB akan saling mempromosikan sejumlah potensi wisata halal yang dimiliki. Selain itu, pembangunan sejumlah infrastruktur seperti hotel, juga akan menjadi perhatian kedua daerah tersebut.

Baca juga: I-Media hadir di The Gade Cafe Ambon

Sebagai tahap awal kerja sama ini pihak Uzbekistan khususnya Provinsi Bukhara akan mempelajari pengelolaan wisata halal yang ada di NTB sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia.

"NTB merupakan daerah tepat. Dalam perkembangannya ke depan, akan banyak wisatawan Uzbekistan yang datang ke NTB atau sebaliknya," tuturnya.

CEO Antara Digital Media, Darmadi mengungkapkan pihaknya siap membantu mempromosikan seluruh potensi yang dimiliki Uzbekistan dan Provinsi Bukhara melalui jaringan media digital dimiliki Antara, terutama media digital yang saat ini tengah dibangun.

"Media luar ruang akan dipasang di sejumlah ibukota Provinsi, Kabupaten/Kota, sedangkan media dalam ruang TVC terpasang di berbagai area publik, seperti bandar udara, stasiun kereta api, rumah sakit, gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan," ujar Darmadi.

Sementara Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah mengucapkan terima kasih kepada Antara Digital Media yang telah mempromosikan Lombok ke Uzbekistan, sehingga Bukhara salah satu provinsi di negara tersebut tertarik untuk melakukan kerja sama dan membentuk "sister province" dengan NTB.

"Kami juga terus mendukung kerja sama Pemkab/Pemkot di NTB dengan Antara Digital Media dalam membangun bersama media layanan publik berupa media dalam ruang dan luar ruang," katanya.

Baca juga: LKBN ANTARA kembangkan layanan digital media
 
Pewarta : Nur Imansyah
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019