Bengkalis (ANTARA) - Kabupaten Bengkalis di Provinsi Riau menghadapi 20 kejadian kebakaran lahan sepanjang bulan Mei 2019 menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

"Pada Mei 2019 kejadian bencana alam di Kabupaten Bengkalis didominasi kebakaran lahan dan perkebunan, ada 20 kasus karhutla (kebakaran hutan dan lahan) yang telah ditangani," kata Kepala BPBD Bengkalis Tajul Mudaris, Sabtu.

Tajul menjelaskan, selama 1-3 Mei kebakaran lahan terjadi di Jalan Lintas Duri Dumai (KM 12 Kulim) di Kecamatan Bathin Solapan dan kawasan Jalan Jend Sudirman di Koto Pait Beringin di Kecamatan Talang Muandau; dan kebakaran lahan gambut terjadi di Jalan Dusun Permai, Desa Pambang Pesisir Kecamatan Bantan.

Pada 4 Mei, kebakaran di lahan yang berada di kawasan Jalan Siak, Desa Simpang Padang, Kecamatan Bathin Solapan dan lahan gambut di Jalan Tegar, Kecamatan Mandau.

Kebakaran pada 6--8 Mei terjadi di lahan gambut yang ada di area perusahaan kelapa sawit di Jalan PU, Kecamatan Rupat dan area perkebunan karet di Jalan Jeram, Kecamatan Rupat; serta lahan di Jalan Rangau KM 11, Kecamatan Bathin Solapan dan Jalan Jend. Sudirman, Koto Pait Beringin, Kecamatan Talang Muandau.

Selanjutnya, tanggal 9--13 Mei, kebakaran lahan terjadi di perkebunan karet di Jalan Stadion, Kecamatan Bukit Batu; kawasan Jalan 125 RT, Desa Simpang Padang, Kecamatan Bathin Solapan; perkebunan sawit di Jalan Tegar Ujung, Kecamatan Mandau; kawasan Jalan Siak Gang. Nangka, Kecamatan Bathin Solapan; dan kawasan Jalan Jend. Sudirman KM 3, Koto Pait Beringin, Kecamatan Talang Muandau.

Kebakaran lahan selama kurun itu juga terjadi di kawasan Jalan Hasan, Desa Bantan Sari, Kecamatan Bantan; kawasan Jalan Syahdan, Kecamatan Rupat; dan kawasan Jend. Sudirman, Kecamatan Talang Muandau.

Tanggal 22--27 Mei, kebakaran lahan terjadi di kawasan Jalan Mekar Sari di Kecamatan Rupat dan daerah Rampang di Kecamatan Rupat. Pada hari berikutnya, lahan gambut di perkebunan di Jalan Tegar Ujung, Kecamatan Mandau, terbakar.

"Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, serta juga tetap waspada," kata Tajul.

Baca juga:
Titik panas baru bermunculan di Bengkalis
Kabut asap selimuti Kota Bengkalis

Pewarta: Alfisnardo
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019