Sungailiat Triathlon 2019 dinilai berjalan sukses

Sungailiat Triathlon 2019 dinilai berjalan sukses

Sujumlah peserta berlari ke pantai Tanjung Pesona saat mengikuti Sungailiat Triathlon 2019. ANTARA/kasmono/aa

Sungailiat,Bangka (ANTARA) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan, menilai pelaksanaan Sungailiat Triathlon 2019 pada Sabtu ini berjalan sukses seperti yang diharapkan.

"Saya menilai pelaksanaan Sungailiat Triathlon 2019 yang dilaksanakan sejak pagi berjalan sukses yang diikuti oleh atlet lokal, nasional dan Internasional," katanya di Sungailiat, Sabtu.

Dia mengakui sempat khawatir hujan yang turun cukup deras sejak Subuh akan menghambat kegiatan Triathlon 2019 atau Sungailiat Triathlon yang ketujuh.

"Alhamdulillah, beberapa jam sebelum para atlet mengawali perlombaan, hujan cukup deras sudah reda," katanya.

Menurut bupati, kesuksesan lainnya dari kegiatan Triathlon 2019 adalah antusiasme masyarakat setempat cukup banyak datang untuk menyaksikan perlombaan.

"Saya berharap, kegiatan triathlon ke depannya lebih meriah dengan diikuti peserta lebih banyak lagi, dan hal penting lainnya triathlon tahun ini memberikan dampak pada meningkatkan jumlah wisatawan," katanya.

Ajang Sungailiat Triathlon 2019 atau yang ketujuh kalinya ini memperlombakan lima kategori, yakni "long distance" atau 1,9 km renang,90 km sepeda dan 21,1 km lari. Kemudian, "standard distance relay" dengan 1,5 km renang, 40 km sepeda, 10 km lari.

Sedangkan "sprint distance" yaitu 750 meter renang, 20 km sepeda, 5 km lari serta "sprint duathlon talni" 5 km lari, 20 km sepeda.

Lintasan lomba pada Sungailiat Triathlon 2019 menonjolkan keindahan alam wisata atau di daerah yang diusulkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata.

Sungailiat Triathlon ketujuh dilaksanakan bersamaan dengan pawai budaya dan "nganggung" atau makan bersama masyarakat di pinggiran pantai Tanjung Pesona.

Bupati Bangka, Mulkan mengatakan kegiatan budaya yang dilaksanakan merupakan pembeda dan tambahan untuk menyemarakkan Sungailiat Triathlon.

Baca juga: 16 negara berpartisipasi di ajang Sungailiat Triathlon 2019

 
Pewarta : Kasmono
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019