Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II A Pondok Bambu, Jakarta Timur menyediakan menu khusus opor ayam dan rendang daging bagi para warga binaan di hari Idul Fitri 1440 Hijriah/tahun 2019.

"Spesial di hari raya ini menu makanan untuk warga binaan kami sajikan opor dan rendang," kata Kepala Lapas Pondok Bambu Yuli Niartini saat ditemui di lapas ini, Rabu.

Ia mengatakan hidangan opor dan rendang ini dibuat dan dimasak oleh para warga binaan khusus di hari raya Idul Fitri, disajikan ke dalam kotak makan yang dikirim ke setiap kamar tahanan.

Baca juga: Bermukena pink Angelina Sondakh Shalat Id di Lapas Pondok Bambu

Menurut dia, tujuan menyajikan opor dan rendang ini agar warga binaan dapat merasakan suasana Idul Fitri meski sedang menjalankan masa pidana.

"Setiap tahun kita selalu sajikan opor dan rendang di hari raya. Supaya mereka tetap bisa merasakan suasana Idul Fitri dari sini," katanya lagi.

Selain menyediakan hidangan opor dan rendang untuk warga binaan, Lapas Pondok Bambu juga menyediakan hidangan serupa bagi petugas lapas.

Hidangan ini tersaji di ruang penjaga, kalapas dan petugas lapas lainnya dapat menikmati hidangan opor dan rendang daging ini setelah bersilaturahmi di lingkungan lapas.

Saat ini, Lapas Pondok Bambu dihuni oleh 401 orang terdiri atas 380 narapidana, 16 tahanan, dan lima orang anak di bawah umur.

Total ada sekitar 290 warga binaan perempuan muslim yang menjalani masa pidana di Lapas Pondok Bambu, salah satunya Angelina Sondakh.

Perayaan Idul Fitri di Lapas Pondok Bambu diisi dengan Shalat Ied berjamaah yang diimami oleh Ustaz Hasanuddin dari KODI Jakarta Timur yang dimulai pukul 06.30 WIB, dilanjutkan mendengarkan khutbah Idul Fitri.

Usai khutbah, warga binaan melakukan tradisi bersalam-salaman dengan sesama warga binaan dan petugas Lapas Pondok Bambu. Selanjutnya warga binaan masuk ke kamar masing-masing sambil menunggu jam kunjungan keluarga dibuka pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Angelina Sondakh dapat kunjungan putra semata wayang

Baca juga: 142 warga binaan Lapas Pondok Bambu terima Remisi Idul Fitri

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019