Pontianak (ANTARA) - Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat menjadwalkan menyelenggarakan  Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriyah  di kawasan Taman Alun-alun Kapuas atau di depan Kantor Wali Kota di Jalan Rahadi Oesman Pontianak.

Ketua Harian PHBI Kota Pontianak, Aswani Samhudi di Pontianak, Selasa mengatakan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan tempat untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri pada 1 Syawal 1440 Hijriyah bertepatan 5 Juni 2019.

Persiapan tersebut mulai dari pembersihan Jalan Rahadi Oesman, saf untuk jamaah, soundsystem dan persiapan lainnya.

Shalat Idul Fitri di depan Kantor Wali Kota, bertindak sebagai Khatib adalah H Awwab Ahmad Attamimi, sedangkan Imam adalah H Abdul Syukur Mustafa.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan dan Sekretaris Daerah Kota Pontianak Mulyadi beserta jajaran Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak turut  melaksanakan Shalat Idul Fitri di halaman depan Kantor Wali Kota, Rabu (5/6).

Dalam kesempatan itu, Aswani mengingatkan, kepada umat Muslim yang akan melaksanakan Shalat Idul Fitri agar lebih tertibnya pelaksanaannya, para jamaah diharapkan datang lebih awal sehingga lebih mudah dalam pengaturan saf, yang rencananya Shalat Idul Fitri dimulai tepat pukul 07.00 WIB.

Para jamaah juga diimbau, setelah pelaksanaan Salat Idul Fitri, untuk memungut kertas koran yang dijadikan alas agar tidak berserakan di lapangan.

Sementara itu, Plt Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Pontianak, Suhra Wardi mengatakan, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono dan Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan akan menggelar "open house" di rumah dinas masing-masing yakni di Jalan Abdurrahman Saleh (BLKI) Nomor 58, digelar dua hari (Wali Kota Pontianak) Hari lebaran pertama, Rabu (5/6) mulai pukul 13.00 WIB – 21.00 WIB dan kedua, Kamis (6/6) mulai pukul 09.00 WIB – 21.00 WIB.

Sementara itu, di kediaman jabatan Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan, di Jalan KS Tubun Nomor 9, open house digelar hanya pada lebaran kedua, yakni Kamis (6/6) mulai pukul 08.00 WIB - 22.00 WIB.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Pontianak, Mulyadi, juga menggelar open house di kediamannya yang beralamat di Jalan Tebu Komplek Mitra Utama III Blok B14. Open house digelar selama dua hari, yakni lebaran pertama dan kedua pukul 13.00 WIB – 17.00 WIB. "Jadi, open house ini disesuaikan waktunya dengan ketetapan pemerintah kapan jatuhnya Hari Raya Idul Fitri," katanya.
***3***

Pewarta: Andilala
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019