Pontianak (ANTARA) - Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Pangkalan TNI AU (Lanud) Supadio menyalurkan zakat yang berasal dari segenap keluarga besar Lanud Supadio dan masyarakat sekitar.

"Pembagian zakat ini merupakan salah satu bentuk kewajiban dan kepedulian warga Lanud Supadio kepada masyarakat yang ada di sekitar Lanud," kata Kabintal Lanud Supadio Letkol Sus Deni Abdullah, S.Ag di Sungai Raya, Senin.

Dia menjelaskan, zakat yang disalurkan ini merupakan zakat dari segenap keluarga besar Lanud Supadio yang dikumpulkan di Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Lanud Supadio kemudian disalurkan kepada para muzaqi atau penerima zakat.

Ia menambahkan sejak awal Ramadhan PHBI Lanud Supadio sudah menerima zakat dari segenap keluarga besar Lanud Supadio besera Insub. Sebelum pembagian zakat terlebih dahulu panitia mendata masyarakat yang berhak menerima zakat dan kita berikan kupon untuk pengambilan zakat tersebut.

Acara pembagian zakat ditandai dengan penyerahan secara simbolis dari Komandan Lanud Supadio Marsma TNI Palito Sitorus, S.IP., M.M didampingi Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 19/D.I Lanud Supadio kepada salah seorang warga penerima zakat.

"Seperti kita tahu, zakat memiliki banyak keistimewaan, hikmah, dan manfaat, baik bagi muzaki, mustahiq, maupun bagi masyarakat secara luas. Ini merupakan rahmat dan karunia Allah bagi hamba-Nya yang taat atas perintah zakat ini," tuturnya.

Konsekuensinya, apabila kita lalai menunaikan kewajiban zakat, akan terdapat kerusakan, sebagai kebalikan dari keuntungan menunaikan zakat, baik bagi tiap individu maupun kelompok dalam tatanan sistem keluarga, masyarakat, maupun negara.

"Untuk itu kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh prajurit TNI Lanud Supadio yang telah menyalurkan zakatnya. Mudah-mudahan ini memberikan manfaat bagi kita semua," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019