Denpasar (ANTARA) - Sopir dan penumpang di Terminal Ubung, Denpasar, Bali, dan Terminal Mengwi, Badung, Bali, melakukan tes kesehatan dan tes urine menjelang keberangkatan melintasi jalur mudik Lebaran 20190

"Jadi dari Dinas Kesehatan, bekerja sama dengan seluruh rumah sakit dan puskesmas se-Denpasar, baik swasta maupun negeri, pihak BPBD, PMI, melakukan tes kesehatan dan bekerja secara shift, dari pagi-sore-malam," kata salah satu perawat yang bertugas di Terminal Mengwi, Rusma, Sabtu.

Ia juga mengatakan pemudik yang berdatangan di Terminal Ubung meningkat saat malam hari, untuk itu para petugas kesehatan, BNN Kota Denpasar dan BPBD dikerahkan lebih banyak dari biasanya.

Selain tes kesehatan berupa cek tensi, dan juga pemberian obat secara gratis atau tanpa dipungut biaya, tim dari BNN Kota Denpasar juga melakukan tes urine.

"Pada Kamis (30/5) itu ada sebanyak lima orang yang kita minta tes urine sesuai indikasi kita, dan tes kesehatannya sebanyak 16 orang, lalu pada Jumat (31/5) sekitar 19 orang, yang tes urine dan kesehatan," ujar petugas dari BNN Kota Denpasar, Arinatha.

Ia menjelaskan untuk hasil pemeriksaan secara umum, didapati kondisi paling banyak banyak berupa badan pegal - pegal, tensi yang tinggi, sedangkan untuk hasil dari tes urine didapati hasilnya negatif.

"Adanya tes urine ini sifatnya screening awal saja, artinya kita mendeteksi diawal saja, apakah ada menggunakan narkotika, apa enggaj, tapi disini tidak memaksakan, baik sopir atau penumpang untuk melakukan tes," kata Arinatha.

Senada dengan hal tersebut, pihak BNN Kabupaten Badung juga melakukan kegiatan tes urine di Terminal Mengwi dengan menyasar sopir dan penumpang berjumlah 61 orang.

"Dari 61 orang ini diperiksa saja, artinya bahwa dari 61 orang ini kita lihat dari orangnya dengan ciri - cirinya seperti apa, kira - kira terindikasi atau tidak, nah kalau terindikasi baru kita akan lakukan tes urine," kata Kasi Pemberantasan BNNK Badung, I Wayan Master.

Ia juga mengatakan dari dua orang yang sudah melewati tes urine yang hasilnya negatif, serta akan rutin dilakukan dalam rangka Lebaran tahun ini.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019