Pentas musik yang berlangsung dari jam 14.00 WIB sampai jam 17.00 WIB itu menghadirkan pemusik dari sanggar binaan Suku Dinas (Sudin) Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur.
Jakarta (ANTARA) - Bandara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta menggelar pentas musik untuk menyambut pemudik Lebaran 2019, Jumat (31/5).

"Pentas berlangsung hari ini, besok, dan lusa. Tujuannya untuk menghibur penumpang yang mudik dan penumpang yang datang dari luar daerah," ujar Eksekutif General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Marsekal Pertama TNI AU Pip Darmanto di Jakarta, Jumat.

Pentas musik yang berlangsung dari jam 14.00 WIB sampai jam 17.00 WIB itu menghadirkan pemusik dari sanggar binaan Suku Dinas (Sudin) Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur.

Menurut penanggung jawab program dari Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Euis Maryati, kegiatan itu penting untuk melestarikan kebudayaan Betawi.

Meski yang dihadirkan sanggar lokal, namun tidak sedikit penumpang yang tertarik mendatangi keriuhan musik yang memenuhi seisi bandara tersebut.

Seperti penumpang pesawat tujuan Semarang, Andre (43), yang mengaku selama ini hanya bernyanyi jika berkumpul dengan teman-temannya saja.

Kesempatan pentas musik sore itu tak dilewatkan Andre untuk menyumbang suaranya dan bernyanyi lagu Bagaikan Langit dan Bumi diiringi pemusik dari Sanggar Gentra Ewangga.

"Kegiatan musik selama lebaran bagus ya, karena kadang ada pemudik yang nunggu lama jadi terhibur," ujar Andre yang mengaku akan berangkat ke Semarang pukul 18.30 WIB.

Gentra Ewangga, nama sanggar yang mengisi pentas musik sore itu, berlokasi di Pondok Gede Taman Mini Indonesia Indah.

Sanggar itu menampilkan kesenian musik tradisional Betawi, Gambang Kromong, yang terdiri dari alat musik Kromong, Gambang Kayu, Kendang, Kong Ahyan, Gong, dan Kecrek.

Selain Gentra Ewangga, Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur juga membina beberapa sanggar musik lainnya yang dijadwalkan tampil bergantian sampai 2 Juni 2019 nanti.

Selain itu, kata Euis, kegiatan pentas musik serupa juga berlangsung di tempat keramaian lain seperti Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Pulo Gebang mulai hari ini.

Penyanyi Sanggar Gentra Ewangga, Udin (59), berharap kegiatan pentas musik di area keramaian lebih digalakkan lagi sebab ia merasa terapresiasi dengan kegiatan itu.

Meski sudah berusia lanjut, ia tetap tampil enerjik membawakan lagu-lagu tradisional, pop, bahkan dangdut. Tak jarang, ia mengundang pemudik yang kebetulan melintas untuk ikut bernyanyi.

"Setiap kami tampil selalu ada saja yang ikutan mas," kata Udin yang mengaku sering diundang tampil di acara jamuan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Baca juga: Jumlah penumpang melonjak di Bandara Halim Perdanakusuma

 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019