Pontianak (ANTARA) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Sabib memastikan kondisi jalan nasional mulai memasuki Sambas hingga ke perbatasan atau PLBN Aruk Sambas aman untuk mudik Lebaran.

“Jalur sepanjang kurang lebih 100 kilometer tersebut seluruhnya sudah aspal, sehingga dipastikan tidak terdapat hambatan lagi dari dan menuju perbatasan PLBN Aruk. Kondisi jalan sangat baik,” ujarnya saat dihubungi di Sambas, Kamis.

Ia menyebutkan bahwa jalur yang menghubungkan Kabupaten Sambas dengan negara tetangga tersebut, menjadi jalur utama warga Sambas mau pun daerah sekitarnya yang akan pulang dari Malaysia ke kampung halaman masing-masing.

"Jalan dan jembatan khusus untuk menyambut lebaran dipastikan aman sudah terhubung, untuk jalan nasional dari kota Singkawang menuju kota Sambas sudah diperbaiki. Sudah ada perbaikan lapen terhadap jalan tersebut," ujar tambah dia.

Sementara untuk jalan provinsi katanya sudah sedang dikerjakan, bahkan menurut Sabib sudah ada yang selesai dikerjakan.

"Terakhir saya pantau di jalan menuju Jembatan Sabok dalam Kota Sambas, yang merupakan jalan dengan status jalan provinsi sudah selesai dikerjakan dengan tambal lapen, " jelas Sabib.

Dilanjutkan oleh Sabib, jalan provinsi di Kecamatan Teluk Keramat dan Paloh yang juga merupakan akses perbatasan di Kecamatan Paloh sudah mulai dikerjakan.

"Mudah-mudahan perbaikan jalan yang sedang dikerjakan dapat selesai secepatnya. Sehingga arus mudik dan aktivitas masyarakat baik saat lebaran atau berwisata bisa lancar tanpa gangguan dari kondisi jalan, " kata Sabib.

Kepada pemakai jalan Sabib mengharapkan, untuk dapat menjaga jalan yang sudah dalam kondisi baik.

"Kita minta agar kendaraan tidak membawa angkutan melebihi tonase sesuai kapasitas jalan, karena hal itu akan cepat merusak jalan, " ungkap Sabib.

Pewarta: Dedi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2019