Suasana Indonesia hiasi ikon Kota Guangzhou

Suasana Indonesia hiasi ikon Kota Guangzhou

Pengunjung ACF Guangzhou memadati anjungan mancanegara. (KJRI Guangzhou)

Beijing (ANTARA) - Nuansa Indonesia menghiasi Kota Guagzhou, China, pada puncak pergelaran Festival Kuliner Asia (ACF), Senin (20/5) malam.

Masakan khas Nusantara didemonstrasikan di atas kapal wisata yang menyusuri Sungai Mutiara yang bermandikan cahaya dari gedung-gedung pencakar langit.

Demikian pula tulisan "Wonderful Indonesia" menghiasi bagian puncak Canton Tower, salah satu gedung tertinggi di China, yang menjadi ikon Ibu Kota Provinsi Guangdong itu.

Pada ACF di Haixinsha Park, taman di depan Canton Tower, pada 19-23 Mei 2019 itu, Indonesia berpartisipasi bersama beberapa negara lain yaitu Jepang, Korea Selatan, India, Iran, dan  negara anggota ASEAN lainnya.

"Anjungan makanan Indonesia selalu ramai pengunjung," kata juru bicara Konsulat Jenderal RI di Guangzhou, Asri Hapsari, Selasa.

Acara tersebut digelar Pemerintah Kota Guangzhou dalam rangkaian Konferensi Peradaban Asia (CDAC) yang dibuka oleh Presiden China Xi Jinping di Beijing pada Rabu (15/5) lalu.

Untuk mendukung acara tersebut, KJRI Guangzhou bekerja sama dengan tiga restoran Indonesia, yakni Lombok, Pandan, dan Selera Indonesia.

Koki Chandra Gunawan didatangkan langsung dari Indonesia untuk berbagi resep makanan khas Nusantara di Hotel Dongfang Hotel dan Crystal Boat yang sedang menyusuri Sungai Mutiara.

Kemampuan Chandra tidak diragukan lagi karena berpengalaman melayani Presiden Joko Widodo.

"Melihat respons pengunjung yang selalu menyantap habis makanan Indonesia, kuliner memang bisa menjadi andalan 'soft power diplomacy'. Jika ada pepatah yang mengatakan Dari Mata Turun ke Hati, maka untuk soal makanan lebih tepat menjadi Dari Perut Naik ke Hati," kata Konsul Jenderal RI di Guangzhou Gustanto. 
Baca juga: Sensasi makan malam di alur Sungai Mutiara
Baca juga: Wapres: ACC untuk kembalikan peradaban Asia
Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019