Kendari (ANTARA) - Ustadz Moh. Sofwan Abbas dari Tim Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) mengajak seluruh umat Islam yang mempunyai kemampuan lebih di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara memanfaatkan momen Ramadhan untuk menyalurkan zakat, infaq dan sedekah (ZIS)-nya.

"Saya mengajak semua untuk menyalurkan zakatnya melalui lembaga amil zakat nasional yang cabangnya sudah ada di setiap provinsi hingga ke kabupaten kota di seluruh nusantara," kata anggota Tim IZI pusat, Sofwan Abbas, usai memberi ceramah tarawih di Masjid Al-Insani Kelurahan Wundudopi, Kecamatan Baruga, Kendari, Rabu malam.

Ia mengatakan, keberadaan IZI di Sulawesi Tenggara selain menerima ZIS dari masyarakat, juga menyalurkan zakat kepada 2.500 mustahik (penerima zakat)  seperti yang ditargetkan untuk seluruh kabupaten kota se-Sultra.

Sumbangan zakat kaum muslimin itu, diharapkan dapat memberi perbaikan bagi masyarakat yang selama ini kurang beruntung di Sultra.

Menurut ustadz Sofwan, bulan Ramadhan yang penuh berkah ini,  memberi kegembiraan bagi umat Islam dengan kesempatan mengisi berbagai kegiatan ibadah yang bernilai tinggi di hadapan Allah SWT.

"Jadi kegiatan bernilai tinggi di hadapan Allah SWT bukan hanya menjalankan ibadah puasa di siang hari, mengerjakan shalat, berzakat serta amalan lain, tetapi bagaimana bisa memakmurkan masjid sebagai kegiatan utama di luar rumah," ujarnya.

Rangkaian kegiatan salat tarawih malam keempat di masjid Al Insani kelurahan Wundudopi, Baruga diikuti sekitar 100-an warga kompleks perumahan setempat dengan imam masjid Juli Ahmad.* 

 
Jamaah sedang mendengarkan ceramah dari Ustadz Moh. Sofwan Abbas dari Tim Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) di Kendari Sultra, Rabu malam (8/5/2019). (ANTARA/ Azis Senong)


 

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019