Palembang (ANTARA) - Lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial memfasilitasi donatur untuk berbagi kedermawanan selama Ramadhan dalam program "Ramadhan Berdaya."

Hadi Yudasyta Branch Manager Rumah Zakat Sumatera Selatan di Palembang, Selasa, mengatakan, dalam program tersebut terdapat program Berbagi Buka Puasa (BBP), Kado Lebaran Yatim (KLY), Bingkisan Lebaran Keluarga (BLK), Syiar Quran (SQ), Janda Berdaya (JD) dan Ramadhan Bebas Hutang.

Untuk program Berbagi Buka Puasa (BBP), paket makanan berupa tajil untuk berbuka yang didistribusikan ke berbagai wilayah di Indonesia ke kalangan fakir, miskin, serta masyarakat.

Sedangkan untuk program Kado Lebaran Yatim (KLY), Rumah Zakat akan mendistribusikan berbagai kebutuhan anak yatim untuk menyambut Lebaran.

“Tentunya semangat berbagi ini ke para anak yatim ini sangat dianjurkan, apalagi Nabi Muhammad dalam sebuah hadist mengatakan bahwa barang siapa yang menanggung hidup anak yatim maka akan akan berkedudukan di surga seperti halnya beliau,” kata dia.

Ia mengaakan umat Muslim harus menyadari bahwa masih banyak saudara sesama Muslim yang tidak mencicipi kebahagiaan saat bulan suci Ramadhan ini karena masih dihimpit oleh kesulitan hidup.

Melalui program Bingkisan Lebaran Keluarga (BLK), diharapkan para donatur dapat menghadirkan senyum dan bahagia ke keluarga-keluarga kurang mampu di berbagai wilayah binaan Rumah Zakat di Indonesia.

Tak hanya bantuan langsung, Rumah Zakat juga mendorong masyarakat memperbanyak amalan selama Ramadhan dengan menjadi bagian program Syiar Quran (SQ) dengan turut serta mendistribusikan paket Al Quran dan buku Iqro ke wilayah yang minim fasilitas dan masyarakat yang membutuhkan secara umum.

Selain itu, Rumah Zakat juga menggulirkan program Ramadhan Bebas Hutang untuk membantu warga miskin yang masih terlilit hutan untuk sekadar memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sementara itu, program unggulan Rumah Zakat Ramadhan ini, yakni program Janda Berdaya yakni program untuk memberdayakan masyarakat terutama para janda melalui penambahan modal untuk mengembangkan usaha mereka.

Baca juga: Ramadhan Bebas Utang agar semua menang

Baca juga: Lembaga amil zakat berlomba layani umat Islam berzakat

 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019