Pastinya bukan dengan impor (untuk menjaga stok), tapi menyambungkan usaha perikanan dari hulu ke hilir
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah perlu lebih menyambungkan aspek hulu dan hilir dari pangan sektor kelautan dan perikanan dalam rangka menjaga stok ikan pada bulan puasa hingga lebaran mendatang, kata Direktur Pusat Kajian Maritim untuk Kemanusiaan, Abdul Halim.

"Pastinya bukan dengan impor (untuk menjaga stok), tapi menyambungkan usaha perikanan dari hulu ke hilir," kata Abdul Halim kepada Antara, di Jakarta, Kamis.

Menurut Abdul Halim, jangan semua permasalahan stok pangan diserahkan kepada swasta apalagi asing, khususnya di sektor pengolahan dan pemasaran ikan.

Sebagaimana diwartakan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meyakini bahwa harga komoditas perikanan di berbagai daerah relatif bakal stabil selama masa jelang puasa hingga masuk Ramadhan dan periode lebaran mendatang.

Rilis Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP menyatakan, harga ikan di beberapa daerah seperti Jatim, Jabar, Sulsel, Sumut dan Jateng, relatif stabil menjelang puasa dan lebaran tahun ini.

Hal itu antara lain juga karena pada bulan April sampai dengan Agustus biasanya merupakan musim panen ikan sehingga ikan diyakini bakal melimpah.

Disebutkan pula bahwa untuk harga selama bulan puasa, memang diperkirakan bakal tetap mengalami kenaikan meskipun relatif kecil atau tidak terlalu signifikan.

Adapun untuk permintaan ikan, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya pada bulan puasa akan mengalami kenaikan pada beberapa pekan pertama dan akan kembali normal sampai dengan menjelang Idul Fitri.

Selama lebaran, permintaan ikan cenderung diprediksi menurun karena kebanyakan yang dikonsumsi masyarakat daging ayam dan daging sapi. Sedangkan permintaan ikan akan kembali meningkat seminggu setelah lebaran.

Sebelumnya, Menko Perekonomian Darmin Nasution saat memimpin Rakor tentang Persiapan Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H di Jakarta, Kamis (25/4), menyatakan bahwa perkembangan tingkat inflasi saat puasa dan lebaran dalam dua tahun terakhir menurun.

Baca juga: Pemerintah perkirakan harga ikan relatif stabil pada Ramadhan-Lebaran
Baca juga: Ikan masuk kebutuhan pokok, KKP pastikan pasokan cukup pada Ramadhan

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019