Pontianak (ANTARA) - Sebanyak enam unit mobil jenis truk ikut tenggelam bersama KMP Seluang Sungai Kapuas di Dermaga Sunyat, Kecamatan Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau, Senin (22/4) malam.

Kapten KMP Seluang, Bambang Edi di Belitang Hilir, Sekadau, Senin tengah malam menuturkan, kapal tersebut mulai terasa miring beberapa saat setelah lepas tambatan dari Dermaga Sunyat menuju Sungai Asam.

Ia lalu memutuskan untuk kembali lagi ke Dermaga Sunyat. "Pintu kapal kembali diturunkan, mobil Innova dan truk boks sempat keluar," ujar dia.

Kemudian, ia bermaksud menstabilkan posisi KMP Seluang yang miring ke kiri. Namun belum sempat stabil, kapal semakin miring dan akhirnya tenggelam.

Ia bersyukur mobil Innova yang membawa penumpang termasuk anak-anak, serta truk boks yang posisinya di depan, berhasil diselamatkan.

"Kendaraan yang berada di dalam itu, truk semua. Kendaraan yang berada di dalam itu asuransi semua, untungnya tidak ada korban jiwa. Sekarang mau evakuasi dokumen kapal yang berada di dalam kapal. Asuransi mulai dari kapalnya hingga penumpang serta kendaraan yang ada di dalam itu," kata dia.

Truk yang tenggelam membawa besi rongsokan tiga buah, truk bawa karet dua buah dan satu truk tanpa muatan. Anak buah kapal pada saat kejadian ada tujuh beserta kapten kapal.

"Mengenai pergantian kapal tentu harus koordinasi sama pusat dan maunya kita secepatnya lah. Rekaman CCTV di KMP kemungkinan rusak, karena dipastikan kena air. Kalau ABK kita, Dimas yang dibawa ke puskesmas pas kejadian sempat menyelamatkan orang," ujarnya.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo/Gansi
Editor: Ridwan Chaidir
Copyright © ANTARA 2019