Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat menerbitkan prangko peringatan 70 tahun hubungan diplomatik RI-AS yang secara resmi diluncurkan oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI A.M. Fachir di Kantin Diplomasi Kemenlu RI di Jakarta, Rabu.

Kementerian Luar Negeri RI dan Kedutaan Besar AS di Jakarta mengadakan acara perayaan 70 tahun Hubungan Diplomatik antara Indonesia dan Amerika Serikat yang bertema "Kemitraan Strategis Untuk Kesejahteraan Dalam Kemajemukan".

Perangko peringatan 70 tahun hubungan diplomatik RI-AS itu menampilkan gambar spesies penyu belimbing yang bertelur di kawasan timur Indonesia dan hidup di perairan pantai barat Amerika Serikat.

Spesies penyu itu merupakan cerminan dari hubungan kemitraan RI dan AS yang melintasi samudra, dimana kedua negara berharap dapat terus berkolaborasi guna kesejahteraan masyarakat serta dunia.

"Kementerian Luar Negeri RI dengan bangga meluncurkan prangko ini. Desain dari prangko ini dipilih dengan seksama," ujar Wamenlu RI A.M. Fachir.

Selanjutnya, prangko tersebut akan dicetak sebanyak 1.000, dan salah satunya ditempatkan di Museum Prangko Indonesia.

Hubungan diplomatik Rl-AS dibuka secara resmi pada 28 Desember 1949 dan kini berada pada tahapan Kemitraan Strategis. Kemitraan tersebut merupakan satu tahapan penting bagi Indonesia dan AS untuk secara bersama-sama berbagi tanggung jawab mencari solusi atas tantangan-tantangan global, sembari menguatkan kerja sama strategis antara kedua negara.

Untuk memeriahkan peringatan 70 tahun hubungan bilateral Rl-AS, telah direncanakan sejumlah kegiatan di Indonesia dan Amerika Serikat yang masing-masing akan dilakukan oleh Perwakilan RI di AS dan perwakilan AS di Indonesia.

Kegiatan di Indonesia dan AS akan dilaksanakan di beberapa kota melalui kerja sama dengan berbagai universitas dan pemerintah daerah. Seluruh kegiatan tersebut ditujukan untuk membangun dan menguatkan hubungan antar kedua negara, untuk lebih merangkul dan mendidik masyarakat, serta menguatkan pondasi kerja sama Rl-AS hingga generasi mendatang.

Baca juga: Indonesia-Amerika Serikat peringati 70 tahun hubungan diplomatik

Baca juga: Gedung baru Kedutaan Amerika di Jakarta resmi dibuka

Baca juga: AS dukung sentralitas ASEAN kembangkan kerja sama Indo-Pasifik

 

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Azizah Fitriyanti
Copyright © ANTARA 2019