Jember (ANTARA) - Putri mantan presiden RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur) Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang biasa dipanggil Yenny Wahid mengatakan sosok calon presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki karakter yang sama dengan sosok almarhum ayahnya, sehingga ia mendeklarasikan dukungannya kepada Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pemilu 2019.

"Ada tiga hal karakter Jokowi yang mengingatkan saya pada sosok Gus Dur, yakni Jokowi orang yang berani, Jokowi orang yang sederhana, dan ketiga Jokowi orang yang menghadirkan keadilan sosial bagi rakyat, sama dengan Gus Dur," kata Yenny di sela-sela kampanye terbuka yang dihadiri calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo di Stadion Jember Sport Garden, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin sore.

Menurutnya, Gus Dur menghadirkan keadilan sosial dengan cara memberikan hak dasar dari masyarakat seperti hak dasar untuk diakui dan dilindungi oleh negara apapun latar belakang, agama, suku dan budaya. Sedangkan Jokowi menghadirkan keadilan sosial dengan cara memberikan kebutuhan dasar dari rakyat seperti kartu Indonesia pintar (KIP), negara hadir untuk rakyat miskin dengan layanan kesehatan seperti JKN-KIS, sehingga pihaknya mendukung Jokowi penuh.

"Saya optimistis perolehan suara pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 di Jember meningkat karena Jember adalah basisnya warga nahdliyin, sehingga sudah sewajarnya orang NU memilih pasangan yang cawapresnya juga berasal dari NU," katanya.

Yenny juga menjadi salah satu juru kampanye yang berorasi di hadapan puluhan ribu peserta kampanye terbuka di Jember, sebelum Jokowi hadir di panggung kampanye tersebut.

"Pak Jokowi memperjuangkan keadilan sosial masyarakat, sama seperti Gus Dur. Pak Jokowi menghadirkan kebutuhan masyarakat, Gus Dur menghadirkan hak rakyat,” kata Yenny disambut tepuk tangan puluhan ribu peserta kampanye Jokowi-Ma'ruf Amin di Jember.

Yenny menjelaskan pihaknya juga sudah menggerakkan kader Gus Dur untuk pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin melalui sejumlah program seperti subuhan, hijaber, ibu-ibu, santri milenial agar Indonesia bisa maju dengan mensosialisasikan pasangan capres-cawapres nomor urut 01.

Selain Yenny Wahid, sejumlah tokoh dalam Tim Kampanye Nasional (TKN) hadir dalam kampanye terbuka yang dihadiri Jokowi di antaranya Ketua TKN Erick Thohir, Tim Kampanye Nasional (TKN) Hasto Kristiyanto, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) Khofifah Indar Parawansa.

Pemilu Presiden 2019 diikuti oleh dua pasangan calon yakni pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019