Chevron ikut padamkan kebakaran di area konsesinya

Chevron ikut padamkan kebakaran di area konsesinya

Arsip Foto. Personel Kepolisian Resor Dumai memadamkan kebakaran lahan gambut di Kota Dumai, Riau, Selasa (26/2/2019). Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau menyatakan kebakaran hutan dan lahan terjadi sejak Januari hingga Februari 2019 sudah mencakup area seluas 1.136 hektare, mayoritas di daerah pesisir seperti Kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir, dan Kota Dumai. ANTARA FOTO/FB Anggoro

Dumai, Riau (ANTARA News) - Petugas pemadam kebakaran PT Chevron Pacific Indonesia masih berusaha memadamkan kebakaran di area konsesinya di Kota Dumai hingga Selasa malam (26/2).

Pada Selasa (26/2) malam, satu mobil pemadam kebakaran masih menyemprotkan air di lahan gambut yang membara di tepi Jalan Soekarno-Hatta, dekat Jembatan Bukit Jin.

Para pemadam kebakaran berusaha menjaga agar api tidak merambat ke fasilitas listrik Chevron yang ada di area itu.

Manager Komunikasi Korporat PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) Sonitha Poernomo menyatakan setelah menerima laporan kebakaran dari petugas keamanan, tim pemadam kebakaran perusahaan langsung menuju lokasi untuk memadamkan titik-titik api bekerja sama dengan tim gabungan TNI, Polri dan BNPB.

"PT CPI prihatin atas situasi kebakaran lahan dan asap serta terus memantau kualitas udara di Riau," katanya.

"PT CPI berkomitmen untuk meminimalkan dampak asap terhadap operasi dan masyarakat, dan terus mengupayakan pencapaian produksi secara selamat dan andal," lanjut Sonitha.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai Afrilagan mengatakan BPBD menerima laporan mengenai kebakaran di lahan konsesi Chevron di tepi Jalan Soekarno-Hatta sekitar pukul 11.00 WIB. Ia memperkirakan luas lahan gambut yang terbakar di area itu sekitar empat hektare. 

"Kita terlambat (datang) karena cuaca panas dan ada lima titik (kebakaran) yang berbeda, dan ini adalah yang keenam," katanya, menambahkan kebakaran lahan juga terjadi di Bukit Batrem dan Bangsal Aceh pada waktu yang hampir bersamaan.

Baca juga:
Di Dumai, kebakaran merembet ke lahan konsesi Chevron
Pemadaman karhutla Riau terus dilakukan
Pewarta : Febrianto Budi Anggoro
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019