Ada soft capsule, lebih simpel dan efisien dalam minum jamu,
Semarang (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani meyakini terobosan PT Sido Muncul memproduksi jamu dalam bentuk kapsul akan disukai kaum milenial.

"Ada soft capsule, lebih simpel dan efisien dalam minum jamu," kata Puan usai meninjau pabrik PT Sido Muncul di Kabupaten Semarang, Jumat.

Puan mengapresiasi terobosan PT Sido Muncul dalam menginovasi jamu dalam bentuk kapsul lunak tersebut.

Inovasi tersebut, lanjut dia, juga telah lolos pemeriksaan Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) hingga akhirnya terbit izin edarnya. "BPOM tentu tidak main-main," katanya.

Sebagai perusahaan yang sudah berpuluh tahun berdiri, kata dia, Sido Muncul bukan hanya industri yang dijalankan secara kekeluargaan, namun mampu membangun suasana kekeluargaan bagi 4.000 karyawannya.

Sementara itu, Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan perusahaan tersebut merupakan perusahaan jamu pertama yang memproduksi jamu dalam bentuk soft capsule atau kapsul lunak.

"Selama ini soft capsule hanya dikembangkan oleh industri-industri farmasi," katanya.

Berkaitan dengan operasioal pabrik jamu itu, kata dia, Sido Muncul telah menggandeng sekitar 117 kelompok tani untuk memasok bahan baku.

"Jadi bahan baku jamu tidak harus dicari di hutan, tetapi sudah ada petani yang khusus menanamnya," katanya.

Produk pertama jamu kapsul lunak tersebut meliputi Tolak Angin dan Tolak Linu. Ke depan, lanjut dia, seluruh produk akan tersedia dalam bentuk kapsul lunaknya.

Pada tahap awal, kapasitas produksi kapsul lunak ini mencapai 30 ribu butir per hari.

Baca juga: Badan POM terbitkan izin edar kapsul lunak sido muncul
Baca juga: Menperin sebut industri jamu andalan ekonomi Indonesia

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2019