Jambi, Provinsi Jambi (ANTARA News) - KPU Kabupaten Batanghari kekurangan 31 kotak suara, yang diketahui setelah selesai dilakukan perakitan pada beberapa hari yang lalu.

Ketua KPU Batanghari, A Kadir, di Jambi, Jumat, mengatakan, secara keseluruhan mereka memerlukan 4.663 kotak suara yang akan didistribusikan kepada 915 TPS di delapan kecamatan.

Dalam satu TPS akan di distribusikan lima kotak suara sesuai dengan Pemilu 2019, yaitu kotak suara untuk pemilihan anggota DPR Kabupaten, provinsi, DPR, DPD, dan kotak suara untuk pemilihan presiden-wakil presiden. 

Kekurangan 31 kotak suara dikarenakan ada yang rusak, belum layak digunakan dan murni karena kekurangan. Untuk diketahui, kotak suara pada Pemilu 2019 terbuat dari kertas karton bukan alumunium atau kayu sebagaimana Pemilu yang sudah-sudah.

"Masalah ini sudah kita laporkan ke KPU Provinsi Jambi dengan harapan kekurangan 30 unit kotak suara itu dapat dikirim sebelum hari H Pemilu 2019," kata Kadir.

Guna mencegah kotak suara dari kertas karton itu rusak dalam pendistribusian mereka akan membungkusnya dengan plastik; air adalah hal paling pokok yang mereka hindari. "Itu salah satu antisipasi yang kita lakukan agar kotak suara itu sampai secara utuh di TPS," kata Kadir.

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019