Jakarta (ANTARA News) - Pada Senin siang, debat calon presiden putaran kedua semalam masih diperbincangkan, terlihat dari beberapa tagar yang jadi tren di Indonesia.

Hal yang ramai dibahas adalah #SetelahDebatSemalam yang berisi kesan-kesan warganet mengenai perdebatan Joko Widodo dan Prabowo Subianto mengenai energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur, Minggu (17/2).

Ada yang membuat percakapan imajiner bernuansa humor dengan menyisipkan ucapan yang dilontarkan para kandidat seperti konfirmasi Prabowo tentang "Unicorn", atau celetukan Joko Widodo bahwa Prabowo kurang optimistis. 

Pendapat warganet juga terbagi dua, masing-masing mendukung kandidat yang difavoritkan. 

Warganet yang berpendapat data yang disajikan Joko Widodo saat debat tidak akurat turut mencuit dengan tagar #JokowiBohongLagi, sementara itu ada pula yang mencuit #02GagapUnicorn tentang kekurangtahuan Prabowo tentang Unicorn,  gelar untuk perusahaan rintisan yang memiliki nilai valuasi lebih dari satu miliar dolar AS. 

Berdasarkan data Twitter, ada 1,5 juta cuitan seputar debat pilpres semalam. Puncak percakapan terjadi sekitar pukul 22.00-23.00 WIB, dengan hampir 290.000 Tweet per menit.

Pengguna Twitter juga melontarkan komentar-komentar dan meme-meme kocak terkait momen-momen menarik saat debat. Beberapa di antaranya adalah ekspresi unik Jokowi juga Prabowo dan Unicorn yang membuat warganet ramai-ramai mengunggah gambar unicorn berwarna-warni. 

Warganet juga bicara tentang warna rambut moderator Anisha Dasuki serta pernyataan saling setuju antara kedua paslon. 



Baca juga: Analisis gestur Jokowi-Prabowo, debat damai walau sama-sama tegang

Baca juga: Pengamat mode: Jokowi terkesan tulus, Prabowo tampil necis

Baca juga: Penampilan moderator debat capres ala Anisha Dasuki dan Tommy Tjokro

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019