19 mahasiswa Filipina dan Thailand ikut PKL di Undiksha

19 mahasiswa Filipina dan Thailand ikut PKL di Undiksha

Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali. (Sumber:http://undiksha.ac.id/)

Singaraja, Bali (ANTARA News) - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali, yang sebelumnya mengirimkan mahasiswa untuk Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ke luar negeri kini menerima mahasiswa dari Filipina dan Thailand.

"Khusus untuk 2019, penerimaan baru dilakukan untuk periode Januari-Februari sebanyak 19 orang. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2017, baik kita mengirim maupun kita menerima," kata Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) Undiksha, Prof. Dr. A.A.I.N. Marhaeni, M.A., di Singaraja, Bali, Sabtu.

Kedatangan mahasiswa itu juga berlangsung secara bertahap. Mereka berasal dari universitas di Filipina, yakni University of Saint Anthony, Mariano Marcos University, University of Santo Tomas, Tarlac Agricultural University, Central Luzon State University, Nueva Ecija University of Science and Technology,  Iloilo Scince and Technology University-Miagao Campus Brgy. Igtuba.

Sementara itu, untuk universitas di Thailand, mereka berasal dari Pronce of Songkla University. "Untuk yang PPL ada 14 orang dan PKL ada lima orang. Kedatangan mereka sudah disambut oleh Rektor pada Selasa (15/1)," katanya.

Khusus untuk PPL, kata Marhaeni, mahasiswa tersebut mengikuti satu bulan dan PKL empat bulan. Program ini oleh Undiksha juga didukung dengan sarana-prasarana memadai, termasuk akomodasi tempat tinggal. "Kami sangat siap untuk melaksanakan program ini".

Menurut Marhaeni, mahasiswa itu juga tidak hanya berkutat dengan kegiatan akademis saja, tetapi juga diberi kesempatan untuk mengenal kebudayaan Bali, khususnya Buleleng, maupun obyek wisata.

"Ini juga sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan daerah. Kami siapkan pendamping khusus kalau mereka ingin ke mana-mana," kata Marhaeni.

Secara terpisah, Rektor I Nyoman Jampel mengatakan Undiksha menjadikan 2019 sebagai tahun internasionalisasi Undiksha. PPL dan PKL menjadi salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut.

"Ini salah satu upaya kita untuk mewujudkan itu. Kita tidak hanya mengirim mahasiswa ke luar negeri, tetapi juga menerima, sehingga generasi penerus kita akan memiliki wawasan global," katanya.

Ia mengharapkan program ini juga bisa meningkatkan grade Undiksha dan mewujudkan visi menjadi universitas unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di Asia pada 2045.

Baca juga: 22 mahasiswa asing diperkenalkan Kopi Muria

Baca juga: Ratusan mahasiswa asing ikuti International Student Summit 2017 di Undip

Baca juga: Unsoed berikan beasiswa pendidikan bagi mahasiswa asing

 
Pewarta : Naufal Fikri Yusuf dan Made Adnyana
Editor: Virna P Setyorini
COPYRIGHT © ANTARA 2019