Palembang (ANTARA News) - Jajaran Kodim 0406/Musirawas, Sumatera Selatan bersama relawan Vertical Rescue membangun jembatan gantung di Desa Embacang, Kecamatan Karanjaya, Kabupaten Musirawas Utara.

Pembangunan jembatan gantung sepanjang 70 meter dengan lebar 1,5 meter itu untuk memperlancar transportasi masyarakat desa tersebut, kata Dandim 0406/Musirawas, Letkol Inf Muhamad Aan Setiawan melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim Kapten Inf Muhammad Assad di Musirawas, Rabu.

Dengan dibangunnya jembatan bersama relawan dari Bandung tersebut maka transportasi dan perekonomian masyarakat desa tersebut akan semakin lancar, serta memudahkan akses bagi pelajar untuk bersekolah.

"Selama ini masyarakat desa tersebut bila berpergian akan menyeberang sungai dengan menggunakan perahu dan rakit, dengan jembatan itu, maka akses menjadi lebih cepat," katanya.

Pengerjaan jembatan gantung itu diperkirakan akan rampung satu minggu ke depan karena anggotanya bersama masyarakat bekerja secara maksimal.

Sementara Kepala Desa Embacang, Sudirman mengatakan selain anggota Kodim, pengerjaan jembatan tersebut juga dibantu masyarakat setempat BPBD serta relawan.

Dana pembangunan jembatan itu berasal dari LSM Bumi Insan Mandiri dan sumbangan masyarakat sekitarnya.

Insan Bumi Mandiri adalah lembaga sosial kemanusiaan (NGO) yang memfokuskan aktifitasnya dalam melaksanakan program-program CSR mitra perusahaan, mendampingi lembaga-lembaga sosial lainnya dan masyarakat agar lebih berdaya di wilayah Indonesia terpencil.

Baca juga: Kementerian PUPR rampungkan dua jembatan gantung di Pacitan
Baca juga: Kodam Sriwijaya perbaiki jembatan desa terisolir
Baca juga: 80 jembatan gantung akan dibangun di Pandeglang permudah akses antardesa

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019