Jakarta (JACX/Antara) - Sebuah video yang diunggah pada 27 Desember 2018 di YouTube, memperlihatkan rekaman ombak besar yang diklaim terjadi di Marunda, Jakarta Utara.

Dalam video berdurasi 30 detik, berjudul "Ombak besar di Marunda..." yang diunggah salah satu akun itu, nampak ombak menerjang hingga ke pelataran rumah warga.

Pada Senin siang, video dari channel YouTube pemilik akun telah dilihat 1.200 kali. Video yang sama juga diunggah oleh akun lainnya dan telah disaksikan 2.400 kali.

Konten tersebut juga beredar di Facebook dan WhatsApp.

Klaim: Ombak besar terjadi di Marunda seperti terekam dalam video tersebut.

Rating: Salah/Disinformasi

Kementerian Komunikasi dan Informatika, Subdit Pengendalian Konten Internet, memastikan bahwa video itu tidak menggambarkan kondisi baru-baru ini di Marunda.

"Faktanya video tersebut bukanlah kejadian yang terjadi di Marunda, Jakarta, sebagaimana keterangan yang beredar," demikian menurut keterangan tertulis Kominfo, seperti dikutip di Jakarta, Senin.

Setelah dilakukan penelusuran, diketahui bahwa video tersebut adalah rekaman peristiwa ombak besar di Kota Tua Ampenan, Lombok dan telah diunggah di YouTube pada Mei 2016.  

 

Pewarta: Tim JACX dan Kominfo
Editor: Panca Hari Prabowo
Copyright © ANTARA 2018