Jakarta (ANTARA News) - Bayam pantas mendapatkan gelar "superfood" karena kandungan nutrisinya seperti vitamin dan mineral. Makanan ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan mulai dari memberi energi untuk tubuh hingga mengurangi risiko terkena kanker. 

1. Meningkatkan energi

Agar energi Anda tetap terjaga hingga sore hari, coba tambahkan sedikit bayam ke dalam menu makan siang Anda, seperti dilansir Medical Daily, dikutip Sabtu.  Satu cangkir bayam yang dimasak menawarkan 157 miligram magnesium dan merupakan hampir 40 persen dari asupan harian. 

Direktur nutrisi di Center for Balanced Health, Valerie Goldstein, M.S., R.D. mengatakan, bayam bisa meningkatkan penyerapan zat besi, nutrisi lain yang dapat meningkatkan tingkat energi karena membantu mengangkut oksigen melalui sel darah merah.

2. Melindungi penglihatan

Memasukkan lebih banyak sayuran berdaun ini di piring Anda dapat membantu mengurangi risiko masalah penglihatan yang berkaitan dengan usia, seperti katarak dan degenerasi makula. Bayam dianggap sebagai salah satu sumber alami terbaik lutein dan zeaxanthin - keduanya memiliki fungsi antioksidan penting.

Seperti dicatat oleh Scripps Research Institute, konsumsi tiga porsi bayam per minggu berhubungan dengan risiko 43 persen lebih rendah terkena degenerasi makula.

3. Kulit dan rambut lebih sehat

"Bayam kaya akan vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum agar rambut tetap lembab," kata Megan Ware, ahli gizi terdaftar di Orlando, Florida. 
"Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut," sambung dia. 

Bayam juga menawarkan dosis vitamin C yang baik, nutrisi yang dapat memberikan banyak manfaat seperti rambut yang lebih kuat, pertumbuhan kuku, mengurangi kulit kering dan kerutan. 

4. Tingkatkan kepadatan tulang

Bayam adalah sumber kalsium dan vitamin K yang baik - dua nutrisi yang memainkan peran penting dalam kesehatan tulang. Sayuran ini dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang, menjadikannya komponen yang berharga dalam diet osteoporosis.

Namun, perlu diingat bahwa bayam juga mengandung asam oksalat, yang dapat mengurangi seberapa banyak nutrisi ini diserap oleh tubuh Anda.

Jadi, jangan hanya bergantung pada bayam, namun pastikan untuk menggabungkannya dengan kacang kedelai, produk susu, makanan yang diperkaya, dan sumber lainnya.

5. Mengurangi risiko kanker

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui sejauh mana manfaat mengurangi risiko kanker, keberadaan antioksidan dalam bayam diyakini memiliki efek perlindungan terhadap risiko kanker. 

Beta-karoten dan vitamin C membantu memblokir radikal bebas dan zat penyebab kanker sebelum mereka dapat merusak.

Lebih khusus lagi, mengkonsumsi bayam dapat membantu melindungi terhadap kanker mulut, kerongkongan, dan lambung. Selain itu, kandungan folat dan serat dalam sayuran ini juga bisa memiliki efek menguntungkan, kata para peneliti.

Baca juga: Cegah kanker hingga mengobati asma adalah manfaat bayam merah


 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018